Senin, 08 April 2019 04:00 WITA

Begini Cara Jaga Kondisi Busi Motor Saat Musim Hujan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Begini Cara Jaga Kondisi Busi Motor Saat Musim Hujan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat musim hujan, permukaan jalan akan tergenang air. Hal itu tentu menyulitkan pengendara sepeda motor, yang harus melaju membelah genangan air.

Tak hanya berbahaya bagi pemilik kendaraan, rupanya sepeda motor yang sering dipakai saat hujan juga membahayakan komponen pendukung mesin. Salah satunya adalah busi.

Peranti yang berfungsi terhadap sistem pengapian motor tersebut, rawan mengalami kerusakan, lantaran letaknya berada di bawah, sehingga sering tersiram genangan air.

Pemilik bengkel King Motor di kawasan Jakasampurna, Bekasi Barat, Krisyanto mengatakan, busi yang tersiram air tak seketika rusak. Asalkan, bagian inti komponen tersebut masih terlindungi.

“Kalau insulatornya aja yang basah, busi nggak ada masalah. Tapi kalau bagian input-output yang kena, bisa jadi rusak,” kata Krisyanto.

Selanjutnya, ia juga memberi saran terkait pengecekan busi setelah melalui jalan yang tergenang. 

Loading...

Menurutnya, komponen yang dicek bukan hanya bagian businya saja, tapi juga harus diperhatikan bagian penghubung, seperti kabel.

“Bagian kabel itu perlu dicek, dia kan terbuat dari karet, rawan mengkerut kalau basah. Takutnya, nanti fungsi busi jadi nggak optimal,” tambahnya dikutip 100kpj.com.

Sebenarnya, cara merawat komponen berukuran kecil tersebut tak sulit. Pemilik hanya perlu mengelap bagian busi yang basah. Tujuannya, agar tidak mengalami pengaratan.

“Busi basah kan ujung-ujungnya jadi karat, nah rontokan karat yang masuk ke ruang bakar itu bahaya, pembakaran mesin otomatis keganggu,” tukasnya.


 

Loading...
Loading...