Sabtu, 13 April 2019 06:30 WITA

Cara Sederhana Bila Ingin Umur Ban Lebih Panjang

Editor: Nur Hidayat Said
Cara Sederhana Bila Ingin Umur Ban Lebih Panjang

RAKYATKU.COM - Kendaraan yang digunakan sehari-hari memerlukan perawatan detail untuk menunjang faktor kenyamanan berkendara.

Baik itu berkendara dengan menggunakan mobil maupun motor. Selain itu, cara perawatan yang baik juga akan berpengaruh terhadap lamanya umur dari komponen tertentu.

Salah satunya adalah mengecek kondisi tekanan angin ban. Untuk sebagian orang mungkin baru tersadar ketika ban benar-benar telah kehabisan angin atau mengalami kerusakan seperti pecah atau bocor.

Padahal tekanan angin yang tidak sesuai dapat menentukan lamanya masa pakai ban itu sendiri.

"Tekanan angin berpengaruh terhadap umur ban selain cara mengemudi. Hal ini bisa terjadi kalau tekanan angin ban sudah kurang dan tidak dicek secara berkala," ujar Frankie Paduli selaku Department Manager PT Bridgestone Tire Indonesia.

Untuk mendapatkan masa pakai yang maksimal dari ban, Frankie menyarankan untuk memeriksa tekanan angin setiap 2-3 kali dalam sepekan.

Loading...

Meski begitu, ban yang berisikan nitrogen bisa lebih lama hingga satu bulan. "Saya katakan angin biasa 2-3 minggu harus dicek sedangkan nitrogen bisa satu bulan. Karena kalau kurang berarti posisinya akan menonjol di ujungnya saja dan tidak aus merata, pemakaian akan lebih cepat di sana," jelasnya.

Berlaku pula sebaliknya, jika angin yang terlalu besar tekanannya juga memberikan dampak buruk pada umur ban.
Frankie menganjurkan untuk mengikuti rekomendasi yang telah diberikan oleh pabrikan untuk ban.

"Jika terlalu kencang, juga sama. Cuma ujungnya saja dan ausnya tidak merata juga. Saya sarankan turuti rekomendasi yang dianjurkan oleh pabrik," ucapnya.

Sumber: GridOto

Loading...
Loading...