Senin, 22 April 2019 05:00 WITA

Baca Buku di Mobil Bikin Pusing, Ini Alasannya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Baca Buku di Mobil Bikin Pusing, Ini Alasannya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Salah satu cara menghilangkan rasa bosan saat menjadi penumpang mobil adalah membaca buku. 

Tapi sayangnya, cara tersebut justru menimbulkan masalah baru. Kepala bisa pusing, bahkan perut mual dan ingin muntah.

Nah, sebenarnya kenapa sih baca buku di mobil bisa bikin mabuk? Mengutip laman Daihatsu Indonesia, hal itu disebut karena otak salah memberi respons.

Dalam kondisi seperti itu, analoginya, otak seperti orang tua yang mudah cemas saat bayinya sedang belajar merangkak. Cemas bayinya akan jatuh dan terluka.

Jika menurut Otolovers membaca buku di mobil adalah hal yang bermanfaat dan menyenangkan. Berbanding terbalik dengan otak yang emnganggap hal itu sebagai ancaman sehingga otak memberi respons yang salah.

Otak salah memberi respons karena otak tertipu dengan keadaan kamu. Saat kamu berjalan, tubuh kamu bergerak dan berpindah dalam waktu yang sama.

Loading...

Tapi tidak saat membaca di dalam mobil. Tubuh tidak bergerak, tapi kamu terus berpindah. Saraf memberi sinyal bahwa tubuh tidak berpindah, namun sistem keseimbangan tubuhmu jelas mengalami pergolakan seakan-akan diri kamu bergerak.

Saat otak menerima informasi bahwa diri kamu akan teracuni, otak akan memberikan perintah untuk mengeluarkan racun. hal tersebut yang kemudian membuat kepala pusing dan perut mual.

Untuk mengatasi hal ini, coba konsumsi sesuatu dengan rasa mint. Setidaknya hal itu bisa membantu mengurangi rasa pusing dan mual.

Sumber: Otosia.

Loading...
Loading...