Kamis, 09 Mei 2019 02:01 WITA

Dengan Tips Ini Aki Mobil Anda Akan Bertahan Lebih Lama

Editor: Aswad Syam
Dengan Tips Ini Aki Mobil Anda Akan Bertahan Lebih Lama
Kap mobil

RAKYATKU.COM - Mengetahui aki mobil Anda mati atau rusak, selalu muncul pada saat yang paling buruk. 
Dalam kebanyakan kasus, Anda baru saja akan pergi dan tentu saja, Anda ingin mencapai tujuan tepat waktu. 
Aki mati akan merusak rencana Anda dengan cukup teliti. Namun, jika Anda merawat dengan benar aki mobil Anda, itu akan bertahan lama tanpa masalah.

Aki mobil rata-rata akan bertahan antara empat dan enam tahun.

Perawatan aki
Jika Anda sudah memiliki mobil untuk waktu yang lama, Anda hampir tidak dapat menghindari harus mengganti aki di beberapa titik. Aki baru berharga antara Rp700 ribu hingga jutaan rupiah, dan itu tidak termasuk biaya pemasangan. 

Kami lebih suka menghabiskan uang ini untuk sesuatu yang lain dan kami yakin Anda juga akan melakukannya. 
Itu sebabnya Anda harus merawat aki mobil dengan benar, sehingga Anda dapat memastikannya berlangsung selama mungkin. Anda dapat melakukan ini dengan mengikuti tips ini:

Berkendara jarak jauh secara teratur
Ini bagus untuk aki Anda untuk berkendara jarak jauh secara teratur. Menurut Asosiasi Dagang Motor, mengemudi jarak pendek secara teratur dapat menyebabkan aki Anda cepat rusak. Aki mobil diisi saat Anda berkendara jarak jauh. Sudah terisi penuh setelah mengemudi delapan jam. Ini tidak berarti bahwa Anda harus berkendara selama delapan jam lurus setiap minggu (atau pernah - selalu mengambil istirahat), tetapi adalah pintar untuk memastikan Anda tidak hanya mengemudi jarak pendek.

Pastikan aki tidak menjadi terlalu panas atau terlalu dingin

Loading...

Tidak semua orang memiliki kemewahan untuk selalu dapat menempatkan mobil mereka di garasi, tetapi jika Anda melakukannya; memanfaatkannya dengan baik. Ini benar-benar dapat membantu aki mobil Anda selama musim dingin di musim dingin atau suhu musim panas yang sangat panas. 

Aki Anda dapat mengatasi sebagian besar suhu, tetapi panasnya dapat menyebabkan cairan baterai menguap, yang pada akhirnya dapat menjadi masalah saat mengisi aki. 

Pada gilirannya, suhu dingin dapat menyebabkan aki kehilangan daya.

Jaga aki Anda bersih
Sangat penting untuk memasang kap mobil Anda sesekali dan perhatikan baik-baik akinya. Periksa aki apakah ada tanda-tanda korosi; Anda dapat mengenali ini dengan bubuk putih yang muncul di sekitar penjepit aki. Jika Anda menemukan ini, Anda dapat membersihkannya dengan air dan soda kue dan sikat non-logam. Catatan penting: korosi seringkali merupakan tanda bahwa aki Anda perlu diganti. Namun, dengan memastikan Anda menjaga aki tetap bersih, Anda mungkin dapat memperpanjang umurnya sedikit lebih lama. Anda mungkin ingin mulai menabung untuk aki baru itu pada saat ini.

Investasikan pada pengelola aki
Anda dapat menghubungkan pengelola aki ke aki mobil Anda dan itu akan memastikan aki akan mengisi daya atau tetap mengisi dayanya. Ini akan mencegah aki Anda kehilangan daya. Seorang pengelola aki adalah investasi yang baik bagi orang-orang yang jarang menggunakan mobil mereka. Jika mobil Anda idle untuk waktu yang lama, aki dapat kehilangan dayanya - meskipun demikian, pengelola aki akan mencegah hal ini terjadi.

Loading...
Loading...