Selasa, 18 Juni 2019 16:36 WITA

Dibanderol Mulai Rp108 Juta, Ini Dia Penantang Avanza, Xpander, dan Wuling

Editor: Abu Asyraf
Dibanderol Mulai Rp108 Juta, Ini Dia Penantang Avanza, Xpander, dan Wuling
Renault akan memperkenalkan Renault Tiber pada 18 Juli 2019 di arena GIIAS 2019.

RAKYATKU.COM - Persaingan di segmen mobil low MPV bakal makin ketat. Renault meluncurkan penantang baru yang dibanderol mulai Rp108 juta.

Selama ini, kelas tersebut masih dirajai Toyota Avanza, disusul Mitsubishi Xpander, kemudian Wuling Confero dan lainnya. Eksistensi mereka terancam dengan munculnya pesaing baru.

Namanya, Renault Triber. Produk ini disebut akan meluncur secara resmi di pasar Indonesia, Juli 2019. Tepatnya pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. 

COO PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) Davy J Tuilan selaku pemegang merek Renault, menyebut Renault Tiber akan diperkenalkan pada 18 Juli 2019.

Sebelum diperkenal di Indonesia, mobil ini muncul perdana untuk debut global pada 19 Juni 2019 di New Delhi, India. Renault Triber merupakan "kakak" dari Renault Kwid yang sudah lebih dulu masuk Indonesia. 

Mobil baru Renault ini mampu memuat tujuh penumpang. Kursi di baris ketiga juga bisa dilipat untuk memberikan ruang lebih ketika pengemudi ingin membawa banyak muatan. 

Fitur keselamatan pada Triber antara lain dua airbag di bagian depan, ABS, sensor parkir belakang, dan peringatan kecepatan. Diprediksi model tertingginya akan dilengkapi kamera belakang untuk membantu pengendara saat memarkir. 

Mobil ini akan dibekali mesin 1.0 L BR10 tiga silinder yang juga memberikan tenaga pada Kwid. Namun tenaganya bakal lebih besar 7 hp dari Kwid menjadi 75 hp.

Renault Triber bakalan dibanderol seharga 5,3 lakh hingga yang termahal 8 lakh atau berkisar mulai Rp108-165 jutaan untuk varian tertingginya. Rentang harga ini memang masih di bawah harga Avanza yang rentang harganya Rp180 jutaan ke atas. 

Loading...

Salah satu fitur yang menjadi jagoan adalah connected-car technology. Dengan konektifitas yang fleksibel ini akan memberikan nilai tambah pada kenyamanan dan keamanan. Paket konektivitas ini akan hadir pada semua produk terbaru Renault.

Renault Triber akan menampilkan sistem infotainment layar sentuh. Dalam foto spyshot telah mengungkapkan bahwa Renault akan menawarkan sistem infotainment layar lebar yang akan lebih besar dari layar sentuh Kwid, Lodgy, Duster dan Captur yang berukuran 7,0 inci. 

Renault baru saja menambahkan kompatibilitas Android Auto dan Apple CarPlay ke Kwid dan Captur; dan fitur-fitur ini juga akan hadir di Triber. Sistem infotainment Triber juga akan mendapatkan beberapa fitur cerdas seperti pelatihan gaya mengemudi dan Catatan konsumsi bahan bakar dengan gaya pengemudi.

Teknologi mobil yang terhubung ini kemungkinan memiliki kemiripan dengan teknologi pada Hyundai Venue dan MG Hector yang akan mulai dijual dalam beberapa minggu mendatang. 

Teknologi Blue Link Hyundai menghadirkan 33 fitur konektivitas ke Venue. Fitur-fitur secara luas dikategorikan sebagai keselamatan, keamanan, kontrol jarak jauh, manajemen hubungan kendaraan, layanan berbasis lokasi, layanan peringatan dan kecerdasan buatan untuk sistem infotainment juga.

Renault telah memastikan bahwa ukurannya tidak lebih dari 4.000 mm. Pada bagian depan, MPV entry-level akan menggunakan headlamp yang sudah menggunakan proyektor, gril radiator besar berbentuk V dengan tiga bilah horizontal dan gril lebar dan rendah dengan model sarang lebah.

Di bagian belakang, Renault Triber memiliki lampu belakang yang sporty yang ramping dan pelat krom imitasi untuk meniru kegagahan sebuah SUV. Melongok ke dalam kabin, mobil MPV ini akan menampilkan 50:50 untuk membagi kursi baris ketiga. Menurut sebuah laporan, kursi baris ketiga bisa dilepas.

Loading...
Loading...