Sabtu, 06 Juli 2019 08:00 WITA

Ini Kehebatan Mobil Presiden Rusia Vladimir Putin yang Bikin Baper

Editor: Abu Asyraf
Ini Kehebatan Mobil Presiden Rusia Vladimir Putin yang Bikin Baper
Aurus Senat, mobil Presiden Rusid, Vladimir Putin.

RAKYATKU.COM - Mobil baru Presiden Rusia Vladimir Putin, Aurus Senat bakal hadir di pameran mobil Eropa, Geneva Motor Show. Mobil ini bikin warganet di Indonesia terbawa perasaan (baper).

"Mobil Esemka lebih hebat. Karena siapapun yang naik mobil itu tidak akan terlihat dengan mata telanjang. Hanya makhluk gaib yang bisa melihat mobil Esemka apa lagi penumpang di dalamnya," ujar pemilik akun Twitter, @Hiduprimitive.

"Gak ada teknologi stealth (siluman) ya? Kalah dong sama Esemka yang pakai teknologi stealth canggih," komentar @PapaTeeBee.

Bukan hanya warga Indonesia yang terkagum-kagum dengan Aurus Senat. Para bos Mercedes-Benz juga geleng-geleng kepala.

Aurus Senat dikembangkan Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) di Moskow. Mobil ini mulai diperkenalkan ke publik Rusia pada September 2018. 

Mobil diperkuat dengan mesin V8 berkapasitas 4,4 liter yang sanggup mengeluarkan tenaga sampai 598 daya kuda. Selain bertenaga mobil juga dilengkapi dengan material anti-peluru. Mesin ini disuplai oleh Porsche. 

Porsche menyediakan salah satu dari dua mesin yang tersedia untuk proyek mobil dinas Vladimir Putin, Kortezh. Mesin itu kabarnya merupakan mesin 4,6 liter V8 turbocharged yang menghasilkan tenaga sampai 600 hp dan torsi 650 ft-lb. 

Mesin kedua disediakan oleh NAMI yang lebih besar yakni 6,6 liter untuk menghasilkan tenaga sampai 860 daya kuda dan torsi 737 ft-lb of torque.

Selain dengan Porsche, NAMI juga bekerja sama dengan Bosch untuk mengembangkan kendaraan lain selain limosin untuk Putin. Proyek Kortezh memang bukan hanya untuk membuat mobil limosin Putin tapi juga model mobil lain untuk pejabat pemerintah. 

Mobil ini dikabarkan segera dijual massal. Tersedia dalam dua model, mobil diperuntukkan bagi pejabat negara atau pebisnis.

Dilansir carscoops, penantang Bentley dan Rolls-Royce dari Rusia ini untuk pertama kali dipamerkan di Geneva Motor Show 2019. Ada dua model yang diperkenalkan yakni Aurus Senat Limousine dan Senat Sedan.

Walau berbeda ukuran (Limousine panjang 6,630 mm dan wheelbase 4,300 mm sedangkan model sedan panjangnya 5,630 mm dan wheelbase 3,300 mm), kedua mobil itu sama-sama menyajikan fitur dan keamanan nomor satu. Kaca anti peluru menjadi standar mobil itu.

Namun patut diakui, eksterior mobil sekilas tidak memberikan kesan baru sama sekali. Layaknya mobil para pejabat penting di negara maju atau mobil-mobil seperti Limousin atau Rolls-Royce kebanyakan. Namun saat masuk ke dalamnya, kemewahan mobil ini akan memanjakan siapapun yang menumpang.

Lapisan kulit premium, wood trim dan aksen metal mendominasi tampilan kabin mobil dari Rusia ini. Teknologi yang ditanamkan pun cukup canggih dengan cluster instrumen dalam tampilan digital, layar lebar untuk tampilan informasi serta hiburan serta dua layar lainnya untuk fasilitas hiburan penumpang di belakang.

Sama halnya dengan Bentley dan Rolls-Royce, Aurus juga menawarkan personalisasi kepada pemesan mobilnya. Konsumen dapat menentukan apa saja bahan dan fitur yang ingin ditambahkan pada interior mobil sesuai selera mereka.

Pada sisi keamanan, Senat Aurus meberikan fitur standar berupa driving assisstance, adaptive cruise control, rem otomatis emergensi, dan sistem yang mampu menghindari tabrakan dengan pendeteksi pejalan kaki. Model ini juga dilengkapi dengan blind spot warning

Loading...
Loading...