Senin, 08 Juli 2019 07:00 WITA

Alasan Parkir Mobil Harus Posisi Mundur

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Alasan Parkir Mobil Harus Posisi Mundur
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat Anda membawa mobil dan hendak parkir di suatu pusat perbelanjaan atau perkantoran, mungkin Anda menyadari jika mayoritas mobil yang parkir di situ akan memarkirkan mobilnya dalam posisi mundur.

Parkir dengan posisi mundur saat ini memang sudah lumrah dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Bahkan, sebagian area parkir atau petugas parkir akan menganjurkan Anda untuk parkir mundur dengan bagian depan mobil menghadap ke luar.

Anjuran posisi parkir mundur tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Menurut Andry Berlianto, selaku instruktur dari Rifat Drive Labs, menuturkan posisi parkir mundur dengan bagian depan menghadap luar memiliki banyak keuntungan dan lebih aman dibandingkan posisi parkir maju dengan bagian depan menghadap dalam.

“Ada beberapa faktor keuntungan saat kita melakukan parkir dengan posisi mundur, pertama faktor keselamatan, kedua keamanan, ketiga visibilitas,” kata Andry.

Andry menjelaskan, untuk faktor keselamatan tentu mobil akan menjadi lebih mudah dan cepat untuk dievakuasi saat terjadi kebakaran, banjir atau kerusuhan. Lalu untuk faktor keamanan, mobil akan mudah terawasi oleh kamera CCTV saat berada di parkiran.

Loading...

“Kalau kepala menghadap luar, kan mobil menjadi lebih mudah diawasi oleh CCTV atau petugas parkir, jadi kemungkinan besar akan lebih aman,” sambung Andrym, dilansir Kumparan, Senin (8/7/2019).

Sementara untuk faktor terakhir, bagian depan mobil yang menghadap luar tentu akan memudahkan pengemudi saat mengeluarkan mobil dari parkiran. Secara visibilitas, tentu akan lebih jelas untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan ada, seperti kendaraan lain atau pejalan kaki yang tiba-tiba melintas.

Dengan visibilitas yang lebih luas dan jelas, tentu hal tersebut akan meminimalisir terjadinya kecelakaan saat keluar parkiran.

Dan jangan lupa, saat melakukan parkir sebaiknya perhatikan juga jarak antara kendaraan di samping kanan dan kiri. Sesuaikan dan berikan ruang yang cukup untuk Anda dan kendaraan di samping agar leluasa dalam melakukan pergerakan, baik itu membuka pintu atau hendak keluar dari parkiran.
 

Tags
Loading...
Loading...