Sabtu, 27 Juli 2019 06:00 WITA

Pernah Naik Toyota Hiace 1980-an? Tampilannya Jauh Lebih Keren di 2019

Editor: Abu Asyraf
Pernah Naik Toyota Hiace 1980-an? Tampilannya Jauh Lebih Keren di 2019
Toyota Hiace Premio

RAKYATKU.COM - Toyota Hiace termasuk salah satu merek mobil yang melegenda di Indonesia. Di era tahun 1980-an, kendaraan berkapasitas besar itu jadi favorit.

Pada era itu, ada Toyota Hiace berbentuk minibus, ada pula yang setengah terbuka. 

Kini, puluhan tahun kemudian, Toyota Hiace hadir dengan tampilan yang modern. Mobil ini dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. 

Hiace yang didatangkan utuh dari Jepang ini merupakan varian baru bernama Premio yang menemani model sebelumnya, yaitu Commuter. Hiace Premio punya desain berbeda, terutama pada tampilan depan semi-bonnet.

Secara dimensi, Premio juga jauh lebih besar sehingga kabinnya lebih luas dan bisa menunjang kenyamanan. Mobil ini panjangnya 5.915 mm, sedangkan Commuter 5.380 mm. Lebarnya mencapai 1.950 mm, dibanding varian commuter yang memiliki lebar 1.880 mm. 

Jarak sumbu roda (wheelbase) 3.860 mm pada Premio diklaim menjadikan pengendalian lebih stabil. Kabin van ini dirancang untuk memuat 12 kursi penumpang.

Hiace Premio menggendong mesin baru berkode 1GD-FTV 4 silinder 2.800 dengan ouput maksimum mencapai 154,2 hp dan torsi 419 nm. Untuk menahan goncangan suspensi depan menggunakan MacPherson Struit (coil) dan suspensi belakangnya per daun.

Loading...

Transmisi yang dipakai menggunakan teknologi FR-6 speed manual. Sistem transmisi ini juga mengadopsi teknologi IMT (Intelligent Manual Transmission).

Van ini sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif Vehicle Stability Control (VSC). Selain itu terdapat juga Hill-Start Asist (HSA) dan Anti-lock Braking System (ABS).

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya cukup optimistis Premio dapat mengerek penjualan Hiace ke depan. Target perusahaan dari penjualan 250-300 unit per bulan menjadi 350 unit sebulan.

Toyota membandrol Hiace Premio Rp516,6 juta, sementara Commuter Rp475,25 juta. Seperti produk awal, Hiace ditujukan sebagai kendaraan komersial untuk mengangkut penumpang.


 

Loading...
Loading...