Senin, 23 September 2019 04:30 WITA

Motor Matik Sering Habis Bensin, Hati-hati!

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Motor Matik Sering Habis Bensin, Hati-hati!

RAKYATKU.COM - Meski pada setiap sepeda motor sudah tersedia indikator untuk menunjukkan jumlah bahan bakar, namun masih ada saja pengguna yang kehabisan bensin.

Biasanya, mereka berasumsi bahwa masih tersedia cadangan bensin di dalam tangki. Ada juga yang mengalami masalah itu, karena salah memperhitungkan jarak tempuh. 

Ketika melewati daerah yang sepi penduduk, bahan bakar hanya tersedia beberapa tetes, alhasil mesin berhenti bekerja.

Jika hal itu dialami satu atau dua kali, mungkin tidak apa-apa. Namun, apabila hal yang sama terjadi berulang kali, maka siap-siap mengeluarkan dana cukup banyak. Hal ini akan dialami, oleh para pemilik motor yang sudah menggunakan sistem pengabutan injeksi.

Dilansir Viva dari Federaloil, ada satu komponen pada sistem injeksi bahan bakar yang sangat tergantung dengan bensin. Komponen yang dimaksud adalah pompa bahan bakar atau fuel pump.

Loading...

Komponen ini berfungsi mengalirkan bahan bakar, dari tangki menuju injektor. Karena bekerja dalam waktu yang sangat cepat dan presisi, maka dibutuhkan pompa dengan tekanan tinggi.

Putaran dinamo pompa yang kencang, tentu membuat komponen ini mudah panas. Karena diharuskan memiliki ukuran yang praktis, maka desainer merancang pompa dengan sistem pendinginan yang unik, yakni menggunakan bahan bakar yang dialirkan.

Nah, apabila bahan bakar di dalam tangki habis, maka pompa tidak akan mendapat pendinginan. Jika hal itu terjadi berkali-kali, maka dinamo akan panas dan rusak. Pemilik motor harus merogoh kocek seiktar Rp500 ribu, untuk menggantinya dengan yang baru.

Loading...
Loading...