Senin, 28 Oktober 2019 04:00 WITA

Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

RAKYATKU,COM - Setiap mobil memiliki usia penggunaan yang beragam, tergantung pada perawatan yang dilakukan. 

Perawatan yang minim dapat menyebabkan beragam komponen mobil mengalami kerusakan dan memakan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penggantian.

Sementara, perawatan rutin tentunya dapat membuat mobil berada dalam kondisi prima dan bisa bertahan lebih lama.

Melakukan perawatan tidak berarti harus selalu membawa mobil ke bengkel. Dilansir Liputan6, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan untuk merawat mobil agar tetap dalam kondisi terbaik.

1. Rutin Ganti Oli

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar mobil tetap tahan lama adalah melakukan penggantian oli secara rutin. Idealnya, penggantian oli dapat dilakukan tiap mobil menyentuh jarak 5.000 hingga 10.000 km.

Terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah oli perlu diganti. Cukup teteskan oli pada telapak tangan, apabila terasa ada serpihan-serpihan halus, maka itu merupakan pertanda saatnya melakukan penggantian oli.

2. Rutin Cek Radiator 

Radiator memiliki kegunaan untuk mendinginkan mesin agar tidak terjadi overheat. Apabila radiator tidak berada dalam kondisi yang baik, maka mesin akan mudah panas sehingga berpotensi mengalami kerusakan.

Karena itu, perlu dilakukan pengecekan radiator secara berkala. Salah cara perawatan adalah dengan mengisi radiator menggunakan coolant.

3. Isi Bahan Bakar yang Sesuai

Masing-masing kendaraan memiliki jenis bahan bakar yang berbeda. Tipe bahan bakar yang ideal biasanya sudah tercantum pada tiap kendaraan.

Mengikuti rekomendasi tipe bahan bakar yang sesuai dapat membuat mesin mobil bekerja dengan efektif dan efisien sehingga tetap tahan lama.

4. Cek Timing Belt, Busi, Lampu, dan Signal

Pengecekan timing belt, busi, lampu dan signal adalah hal yang perlu dilakukan. Memastikan beragam komponen tersebut bekerja dengan baik penting agar mobil dapat berfungsi secara normal.

5. Selalu Panaskan Mobil

Meskipun sedang tidak digunakan, rutin memanaskan mobil adalah hal yang perlu dilakukan agar mobil tetap prima.

Dengan memanaskan mobil secara berkala maka kondisi aki akan terjaga dan sirkulasi oli pelumas tetap merata.

6. Bersihkan Mobil Secara Teratur untuk Mencegah Karat

Dari segi performa, komponen dalam mobil memang hal utama yang perlu dirawat. Namun, jangan melupakan penampilan mobil agar tetap terlihat baik.

Bersihkan mobil secara rutin agar tidak timbul karat yang dapat mengganggu penampilan.

 

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait