Rabu, 04 Desember 2019 01:00 WITA

Kinerja Busi Tak Lagi Layak Pakai, Apa Saja Gejalanya?

Editor: Nur Hidayat Said
Kinerja Busi Tak Lagi Layak Pakai, Apa Saja Gejalanya?
Busi.

RAKYATKU.COM - Busi adalah perangkat penting dalam menghasilkan kinerja pembakaran internal mesin. Sumber pengapian dihasilkan busi tak lepas sebagai penyokong dari kinerja mesin menjadi maksimal.

Meski sebagai perangkat yang memberikan pengapian langsung, sayangnya banyak pengguna kendaraan khususnya sepeda motor sering mengabaikan masa pakai busi. 

Bahkan tak jarang beberapa pemilik sepeda motor nekat menggunakan busi tak layak pakai meski kondisi mesin masih bisa menyala saat dihidupkan.

Lalu, apa saja gejala busi sudah tidak layak pakai? Menurut Giman selaku Owner GMA Product Series, untuk mengenali busi yang sudah dipakai lama dan tak lagi layak digunakan sangat mudah. 

Pemilik kendaraan cukup melihat ujung konduktor dari perangkat busi apakah sudah hitam atau belum.

Loading...

"Biasanya dari bagian ujung atau konduktor sudah berwarna kehitaman kalau yang ukurannya cukup panjang terlihat habis," katanya dikutip Okezone.com.

Busi dengan kondisi seperti itu, memang masih bisa menghasilkan pengapian, namun apabila dipaksakan akan berdampak mesin mati total dan akan sulit menyala. 

Namun sebelum kondisi tersebut terjadi beberapa gejala bisa dirasakan oleh pengendara seperti performa mesin tak normal atau brebet.

"Mbrebet biasanya, kalau mesin mati pemeriksaan utama langsung ke bagian busi, kalau dipaksakan terus berkendara dengan busi yang tidak layak pasti mesinnya mati," ujarnya.

Tags
Loading...
Loading...