Rabu, 11 Desember 2019 03:30 WITA

Abah Dodi dan Ambu Melati, Keluarga yang Jelajahi Separuh Indonesia Naik Truk

Editor: Nur Hidayat Said
Abah Dodi dan Ambu Melati, Keluarga yang Jelajahi Separuh Indonesia Naik Truk
Foto: Mindra Purnomo/Detik.com

RAKYATKU.COM - Keluarga Kusmajadi yang terdiri atas Abah Dodi Kusmajadi (47), Ambu Melati Muslaela Puteri (43), Abang Abdul Hakim Putra Kusmajadi (16), dan Dek Nara Sabiya Putri Kusmajadi (14) melakukan perjalanan keliling Indonesia menggunakan truk. 

Meski banyak tantangan dan yang pasti tidak mudah, keluarga ini telah menyelesaikan perjalanan separuh Indonesia.

Bukan perjalanan sebentar. Satu tahun sudah keluarga Kusmajadi keliling Indonesia menggunakan truk sebagai alat transportasinya. "Perjalanan sudah ke mana aja? Separuh Indonesia sudah kami lalui," kata Abah Dodi.

Abah Dodi dan Ambu Melati menjelaskan perjalanan panjang mereka bersama-sama. Banyak cerita serta pengalaman sudah tercipta dan dilalui bersama-sama.

"Kami sudah menyelesaikan Sumatera sampai Timor Leste. Di antaranya Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Kupang, pulau timur Indonesia sampai ke Timur Leste, begitu juga dengan pulau-pulau kecil seperti Lembata, Alor, Rote, Sumba," kata Abah Dodi.

loading...

Keluarga Kusmajadi masih melanjutkan trip ketiga mereka. Untuk bisa melintasi dan menyelesaikan perjalanan trip ketiga setelah tertunda karena mendapat musibah dengan meninggalnya kerabat dan harus memulangkan jenazah ke Jakarta dan diantar ke rumah duka.

"Trip ketiga sekarang Sulawesi ke Kalimantan, trip keempat belum tahu kapan, kami akan ke pulau-pulau timur. Seperti Maluku dan Irian itu tidak pakai kendaraan. Karena kalau Irian sendiri tidak memungkinkan untuk mengendarai kendaraan. Mungkin nanti kita ke Maluku kita naik perahu Pelni, dan akan berbeda banget pasti pengalamannya," kata Abah Dodi.

Sumber: Detik.com

Loading...
Loading...