Sabtu, 14 Desember 2019 09:05 WITA

Sering Naik Motor Ternyata Baik bagi Kesehatan Otak

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sering Naik Motor Ternyata Baik bagi Kesehatan Otak

RAKYATKU.COM - Menggunakan sepeda motor telah menjadi hal yang berbudaya di Indonesia. Tak hanya karena harganya yang cenderung terjangkau, sepeda motor juga dianggap bisa memberikan kemudahan bagi aktivitas sehari-hari. 

Penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa menggunakan sepeda motor ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Institute of Neuroscience and Human Behavior (INHB) menghasilkan fakta bahwa, berkendara sepeda motor cenderung lebih bebas stres jika dibandingkan dengan mereka yang mengemudi mobil.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mereka yang berkendara sepeda motor memproduksi hormon kortisol alias hormon stres lebih rendah 28 persen selama diuji dibandingkan dengan mereka yang berkendara mobil. 

Hasil ini ditemukan setelah para peneliti mengecek kondisi dari 100 partisipan yang berkendara sepeda motor dan mobil. Masing-masing jenis kendaraan dikemudikan oleh 50 partisipan.

loading...

Tak hanya mengecek kadar hormon kortisol, para partisipan juga dicek denyut jantung dan adrenalinnya. Hasilnya adalah, pengendara sepeda motor bisa membuat fokus sensorik dan daya tahan pada gangguan meningkat. Kadar hormon adrenalin dan denyut jantung juga meningkat.

Dilansir Doktersehat, menggunakan sepeda motor ternyata juga bisa membantu membakar kalori sebanyak 170 hingga 600 kalori per jam. 

Hal tersebut setara dengan berolahraga di pusat kebugaran dalam waktu satu jam. Sementara itu, berkendara mobil tidak bisa membantu membakar kalori sebanyak itu.

Tags
Loading...
Loading...