Sabtu, 28 Desember 2019 07:31 WITA

Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Mobil

Editor: Adil Patawai Anar
Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Mobil

RAKYATKU.COM - Seringnya bepergian menggunakan mobil, tentu akan berpengaruh pada performa kendaraan itu sendiri. Oleh sebab itu, harus sering-sering mengecek dan merawatnya. Bukan hanya sekadar mencuci supaya tampilan kinclong, tetapi juga merawat komponen-komponen yang ada.

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja setiap bagian. Paling tidak dengan melakukan perawatan rutin dapat menghindarkan dari kecelakaan yang dapat terjadi.

Bagian penting dari mobil yang harus selalu Otolovers cek adalah ban. Lalu sebenarnya seberapa sering sih harus ganti ban mobil? Ternyata hal itu tergantung beberapa faktor.

Melansir dari Topgear.com.ph, faktor pertama yang harus diketahui adalah tingkat keausan ban. Bisa diketahui dengan melihat indikator keausan tapak. Pastikan tapak ban tidak melebihi 1,5 mm. Ini juga bisa menjadi patokan Otolovers terkait layak tidaknya ban digunakan.

Biasanya untuk mengetahui tingkat keausan, setiap pabrikan ban sudah memberikan tanda khusus. Tanda tersebut kerap ditaruh di tengah kembangan ban. Jika ketebalan ban sudah mendekati tanda tersebut, sebaiknya ban segera diganti. Hal ini menandakan ban sudah memiliki tingkat keausan tinggi serta berisiko pecah sewaktu-waktu, apalagi jika terkena paku dan bahan tajam lainnya.

Setidaknya ban harus diganti apabila sudah mencapai 60.000 km, namun tergantung dari jam terbang kendaraan tersebut. Untuk usia ban normal pemakaiannya selama 2-3 tahun.

loading...

Faktor lainnya adalah tanggal kadaluwarsa ban. Biasanya ini mengacu pada usia pakai ban dan bisa diketahui dari tanggal pembuatan yang ada di dinding samping ban mobil.

Biasanya pabrikan memberikan kode khusus terkait tanggal ini dengan perpaduan huruf dan angka. Empat angka terakhir mengacu pada tanggal pembuatan, dua angka pertama pada seri mengacu pada minggu ban diproduski, dan dua angka terakhir mengacu pada tahun produksi.

Dalam membeli ban mobil, selalu cek bagian ini. Jangan sampai Otolovers peroleh ban yang diproduksi tahun lama. Paling tidak, ban mobil miliki masa pakai sampai 5 tahun semenjak produksi.

Karena ban menjadi titik kontak dengan aspal, sudah sewajarnya jika harus selalu dicek performanya. Otolovers bisa rasakan kinerjanya saat berkendara. Apakah masih cukup baik cengkramannya di aspal?

Jika ban gampang tergelincir dan terkadang tak seimbang, maka itu menandakan sudah waktunya ganti baru. Selain itu, sering-sering rotasi ban mobil. Agar keausan ban bisa merata pada setiap sisinya, sehingga keseimbangan roda tetap terjaga. Semisal ban depan kanan, dipindah ke sisi kiri belakang dan begitu seterusnya.

Loading...
Loading...