Senin, 26 September 2016 11:03 WITA

Pekerja Hyundai Motor Gelar Mogok Kerja Pertama dalam 12 Tahun

Editor: Suriawati
Pekerja Hyundai Motor Gelar Mogok Kerja Pertama dalam 12 Tahun
Seorang pengunjung berjalan melewati logo Hyundai Motor di dealer Hyundai di Seoul 25 April 2013

RAKYATKU.COM - Serikat Pekerja Hyundai Motor di Korea Selatan menggelar aksi mogok kerja nasional pertaman dalam 12 tahun, atas tuntutan upah, Senin (26/09).

Langkah ini ditempuh setelah serangkaian parsial, dan penghentian sporadis sejak bulan Juli di pabrik-pabrik mobil di seluruh Korea Selatan, basis terbesar manufaktur yang memproduksi hampir 40 persen kendaraan yang dijual secara global tahun lalu.

Baca juga: Wow! Insinyur Turki Modifikasi BMW Jadi Robot Raksasa

Penghentian sporadis sejak Juli telah menyebabkan perusahaan kehilangan produksi 101.400 kendaraan senilai ?2,23 triliun (Rp26,3 triliun).

Pekerja Hyundai Motor Gelar Mogok Kerja Pertama dalam 12 Tahun"Mogok kerja tahun ini berlangsung lebih lama dari yang diharapkan. Pendapatan kuartal ketiga pasti mengecewakan," kata EIM Eun-young, seorang analis mobil di Samsung Securities, seperti dikutip Reuters.

Hyundai, produsen mobil terbesar kelima di dunia bersama dengan Kia Motors, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa mereka "jelas kecewa" dengan penghentian produksi dan terus bekerja dengan serikat untuk menyelesaikan sengketa ini.

Pekerja belum menempatkan kerangka waktu mogok, dan mengatakan bahwa itu tergantung pada hasil negosiasi upah.

Loading...

Baca juga: Hyundai Gaet Cisco untuk Kembangkan Connected-car

Akhir bulan lalu, para pekerja anggota serikat Hyundai Motors di Korea Selatan menolak dengan lantang kesepakatan upah tentatif yang lebih rendah dari paket tahun lalu.

Hyundai Motor membukukan kemerosotan pendapatan pada periode April sampai Juni, menyebabkan kemerosotan pasar dan kegagalan untuk memanfaatkan permintaan global yang kuat atas kendaraan sport.

Cho Soo-hong, seorang analis di NH Investment & Securities, mengatakan Hyundai dan Kia Motors mungkin akan melihat menurunan penjualan global 0,6 persen menjadi sekitar 7.960.000 kendaraan tahun ini, di bawah target mereka dari 8,13 juta kendaraan.

Saham Hyundai Motor turun 1,8 persen pada ? 139.500 (Rp1,649,830) per 21:11 EDT, sekitar setengah dari tingkat rekor tinggi yang ditetapkan pada bulan Mei 2012.

Tags
Loading...
Loading...