Minggu, 23 Oktober 2016 16:24 WITA

ETA: Sepeda Futuristik Tercepat di Bumi

Editor: Suriawati
ETA: Sepeda Futuristik Tercepat di Bumi
Eta

RAKYATKU.COM - Eta, sebuah sepeda futuristik, berhasil menetapkan rekor sebagai kendaraan bertenaga manusia tercepat di Bumi. Sepeda ini mampu mencapai kecepatan 144,17 km/jam.

Dari luar, Eta menyerupai versi yang lebih ramping dari pesawar ruang angkasa Clark Kent, tapi dilengkapi dengan roda. Framenya diselimuti sebuah pod berbentuk oval yang terbuat dari serat karbon, bahan yang ringan namun tahan lama yang telah digunakan oleh produsen pesawat.

Baca juga: PodRide, Sepeda yang Dimodifikasi jadi Mobil

Roda sepeda ini memiliki diameter kira-kira 26 inci, yang sebanding dengan ukuran sepeda yang digunakan di acara-acara seperti Olimpiade, namun dengan jari-jari yang lebih kecil untuk mengurangi hambatan udara.

ETA: Sepeda Futuristik Tercepat di BumiDengan hanya menggunakan kekuatan manusia, Eta mampu mencapai kecepatan yang kebanyakan mobil tidak bisa capai. 

Penamaan Eta diambil bahasa Yunani yang menunjukkan efisiensi. Sesuai namanya, Eta di-push untuk mengejar efisiensi tertinggi. Dan benar saja, Eta menawarkan efisiensi bahan bakar jalan raya setara 9544 MPGe, 100 x lebih baik daripada mobil listrik paling efisien.