Sabtu, 12 Maret 2016 14:03 WITA

Siap-siap! Yamaha Xabre Melesat di Aspal Kota Makassar

Editor: Mulyadi Abdillah
Siap-siap! Yamaha Xabre Melesat di Aspal Kota Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setelah dilaunching oleh pembalap dunia, Valentino Rossi, Januari lalu, Yamaha Xabre akhirnya hadir di Kota Makassar. Launching sepeda motor sport naked andalan Yamaha itu berlangsung di Atrium Trans Mall Makassar, Sabtu (12/3/2016).

Pada kesempatan itu, Trainer PT Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM) selaku dealer resmi Yamaha Motor, Erwin mengatakan, Yamaha Xabre (baca : Seber) 150 merupakan andalan Yamaha tahun ini. Khusus di Makassar, Yamaha Xabre 150 dibanderol Rp33,5 juta.

"Dengan harga yang setara dengan YZF-R15, konsumen bisa merasakan sensasi berkendara yang berbeda di segmen motor sport 150cc. Xabre 150 membuat pengendara bisa menikmati street extreme show off style. Posisi berkendara yang meyakinkan dan performa berkendara yang menyenangkan," katanya.

Desain Xabre terpusat di tengah ke depan yang membuatnya sangat agresif. Tinggi tangki permukaan atasnya 45 mm, lebih tinggi dari YZF-R15. Dipadu dengan air scoop dan buntut pendek membuat pengendaranya seakan ingin melesat cepat ke depan.

Panjang bodinya juga kompak, jarak antara headlamp dengan setang (steering axis) hanya 250mm (lebih pendek setengahnya dari YZF-R15). Posisi lampu belakang tepat sejajar dengan as roda belakang. Sementara bagian lain dibuat kesan “tipis”.

Seperti LED lampu depan, lampu belakang dan pengaplikasian Compact Full digital LCD dengan digital Instrument Cluster type Negative MID (Multi Information Display) yang memiliki tiga tingkat kecerahan. Posisi duduk Xabre yang tegak dengan setang lebar dan tinggi sangat nyaman dan mudah diajak bermanuver.

Cocok untuk berkendara di perkotaan yang padat. Posisi ini juga diklaim membuat pengendaranya lebih percara diri.

Loading...

Xabre dibekali dengan mesin 150cc LC 4 valve Fuel Injection didukung transmisi 6 percepatan. Tenaga maksimumnya 16,35 dk @ 8.500 rpm dan torsi maksimumnya 14,3 Nm @ 7.500 rpm. Durabilitasnya jangan diragukan lagi, didukung DiASil Cylinder & Forged Piston.

Kenikmatan mesin yang mumpuni ini didukung pula dengan rangka dan kaki-kaki yang lincah namun tetap stabil. Sok depan UpSide Down dengan jarak travel 130mm dipasang di rangka deltabox & alumunium die-cast swingarm. Stabilitasnya didukung ban bertapak lebar depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17.

Sedang pilihan warna yang mengekspresikan sisi liarnya ada tiga, yaitu Silver Clarent (silver), Gunmetal Katana (abu-abu) Black Dagger (hitam).

GM Marketing PT SJAM, Frangky J Tunandar menuturkan, Xabre merupakan produk ketiga Yamaha yang dilaunching tahun ini. Untuk itu, dengan produk unggul tersebut, PT SJAM menargetkan pertumbuhan penjualan 2016 sebanyak 150.000 unit yang sebelumnya 140.000 unit.

Sementara Februari 2016, produk roda dua nomor satu di Indonesia itu, mencatat market share di Sulsel sebesar 61 persen. Sedangkan tiga produk yang launching tahun ini, telah berkontribusi sebesar 6 persen.

"Penjualan keseluruhan produk per Februari 2016 mencapai 67 persen. Kami optimis tipe terbaru yang launching tahun ini bisa menggenjot penjualan Yamaha di Sulsel," pungkas Frenky.

Tags
Loading...
Loading...