Minggu, 15 Mei 2016 10:39 WITA

Pentingnya Kotak Hitam untuk Mobil di Masa Depan

Editor: Suriawati
Pentingnya Kotak Hitam untuk Mobil di Masa Depan
INT

RAKYATKU.COM - Saat ini, sekitar 90 persen kecelakaan mobil disebabkan oleh kesalahan manusia. Tapi, di masa yang akan datang, manusia mungkin tak bisa lagi disalahkan, jika kendaraan sudah menjalankan sistem otonom. 

Untuk itulah, penting bagi perusahan otomotif untuk menginstal kotak hitam pada kendaraan. Ini secara resmi dikenal sebagai perekam data peristiwa (EDR), dan mencatat loop metrik seperti kecepatan, aplikasi rem, kantong udara, dan penggunaan sabuk. 

(Baca juga: Fiat Gambarkan 124 Spider Bekerja Seefektif Viagra)

Szabolcs Szakacsits, pendiri dan CEO dari Tuxera, mengatakan perangkat lunak perusahaannya menyediakan kotak hitam di mobil otonom dan mencatat data 16 sensor secara bersamaan, serta menambahkan informasi tentang hal-hal seperti tekanan ban, kamera, data radar dan profil driver. 

Jadi dalam kasus kecelakaan, kotak hitam akan tahu apa yang pengguna lakukan dan bagaimana kondisi kendaraan sebelum kecelakaan. 

Loading...

"Karena kendaraan akan lebih otonom, lebih dan lebih mengintegrasikan sensor di dalam mobil, yang memerlukan kotak hitam untuk merekam, menyimpan, dan membaca data, seperti jarak ke kendaraan berikutnya, tanda jalan, rambu lalu lintas, lampu, orang, dan benda-benda lain di sekitarnya mobil," kata Szakacsits.

Tuxera menggunakan sistem file flash yang terintegrasi dengan EDR untuk memastikan data yang tercatat konsisten. "Itu sebabnya komponen perangkat lunak yang digunakan dalam aplikasi otomotif harus lebih kuat," kata Szakacsits. 

Di masa depan, tanggung jawab atas kecelakaan  kemungkinan besar akan sangat jelas, ketika mobil otonom dapat mengemudi sendiri sepenuhnya. Penumpang manusia kemungkinan tidak akan memperhatikan jalan sama sekali, dan menyerahkan semuanya pada sistem mobil. 

Dilansir dari Autoblog, Tuxera mengatakan sedang mengembangkan software kotak hitam, dan akan tersedia pada tahun 2020.
 

Tags
Loading...
Loading...