12 May 2017 12:06 WITA

Pameran Otomotif: GIIAS Optimistis, PAS Realistis

Editor: Mulyadi Abdillah
Pameran Otomotif: GIIAS Optimistis, PAS Realistis
Salah satu produk yang dipamerikan di ajang GIIAS 2017 Kota Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dua pameran otomotif sedang berlangsung di Kota Makassar meski pasar otomotif sedang lesu-lesunya. Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) Makassar dan Panin Auto Show (PAS) mematok target yang berbeda. 

Dua event besar ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Pertama dari segi target transaksinya. Gaikindo selaku pelaksana GIIAS optimistis dapat mencapai transaksi hingga Rp347 miliar atau meningkat 5 persen dari target transaksi sebelumnya. Asumsinya, pasar otomotif Makassar diprediksi bakal membaik di pertengahan tahun 2017.

Ketua III GAIKINDO yang sekaligus adalah Ketua Penyelenggaraan Pameran GIIAS 2017, Rizwan Alamsjah mengakui pasar otomotif di Sulawesi Selatan pada triwulan pertama 2017 mengalami perlambatan sebesar 11 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun, Gaikindo tetap optimistis keadaan akan membaik pada trimester berikutnya. 

"Berdasarkan hasil survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia Sulawesi Selatan pada Februari 2017, tingkat keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian Sulsel masih berada di level optimistis," kata Rizwan Alamsjah.

Sementara itu, Panin Bank selaku pelaksana Panin Home and Auto Show 2017 memasang target lebih realistis bahkan menurun dari target dan pencapaian tahun-tahun sebelumnya.

Pada pameran yang digelar di Mal Ratu Indah ini, Panin Bank hanya menargetkan transaksi hingga Rp 75 miliar untuk dua sektor ini. Masing-masing Rp25 miliar untuk KPM dan Rp50 miliar untuk KPR. Khusus untuk otomotif targetnya jauh lebih rendah dari 2015 lalu sebesar Rp40 miliar. 

Regional Manager KTI Bank Panin, Hudli Huduri mengatakan, target transaksi tersebut sudah sangat realistis. Mengingat kondisi perekonomian yang belum membaik ditambah dengan jumlah unit mobil yang turut ambil bagian dalam Panin Home dan Auto Show 2017 tersebut.

Selanjutnya, mengenai peserta pameran, GIIAS sebagai pameran otomotif masih fokus pada pelaksanaan pameran otomotif dan komponen komponen pendukungnya dengan menghadirkan 35 eksibitor. Sementara itu, untuk menopang pencapaian target Panin Bank menggabungkan pameran mobil dan perumahan.

Untuk target pengunjung, GIIAS menargetkan pengunjung potensial dengan memasang tiket masuk sebesar Rp10.000 dengan mengambil venue di Four Point Hotel by Sheraton. Sedangkan Panin  Home dan Auto Show mengambil lokasi yang lebih terbuka yaitu di atrium Mal Ratu Indah.