Senin, 03 Juli 2017 09:32 WITA

Cacat Rem Parkir, Ribuan Unit Mazda3 dan Mazda6 Recall

Editor: Adil Patawai Anar
Cacat Rem Parkir, Ribuan Unit Mazda3 dan Mazda6 Recall

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Merek mobil Jepang, Mazda, melakukan kampanye recall (perbaikan massal) sebanyak 227.814 unit Mazda3 dan Mazda6 di Amerika Serikat. Ini terjadi karena ditemukan ada kecacatan pada rem parkir.

Mengutip Kompas.com, rem kadang bisa mengganggu ketika mobil sedang dikemudikan, atau tergelincir saat mobil diparkir di area menurun. Kondisi tersebut berpeluang menyebabkan kecelakaan.

Penarikan kembali untuk perbaikan ini mencakup produk Mazda3 dari model tahun 2014 dan 2016, serta Mazda6 dari model tahun 2014-2015. Juru bicara Mazda mengatakan, kalau sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa, terkait dengan kerusakan tersebut.

Menurut laporan recall National Highway Safety Administration (NHTSA), pihak Mazda mengatakan, kalau air bisa saja masuk ke dalam kaliper rem kendaraan, menyebabkan rem parkir kehilangan tenaga ketika aktif, atau mengganggu saat mengemudi.

Mazda akan mulai melakukan penyebaran informasi soal recall ke diler-diler pada 7 Agustus 2017, di mana pemilik Mazda akan mulai diingatkan 21 Agustus 2017. Sampai saat ini masih belum ada pemberitahuan, apakah kerusakan juga terjadi di luar AS.

Diler Mazda akan memeriksa poros aktuator rem parkir di dalam kaliper rem, dan jika poros berkarat caliper akan diganti. Jika tidak, diler akan mengganti kit boot pelindung, dengan komponen yang lebih baik.

Mulai Sadar

Mazda pertama kali menyadari adanya cacat pada Mazda6 di tahun 2015, saat terjadi insiden terkait rem di Kanada. Ini kemudian membuat 80.000 kendaraan lainnya ditarik kembali ke Kanada.

Pada tahun 2016, seorang pemilik Mazda6 di Jerman terlibat dalam sebuah tabrakan, di mana kendaraan tersebut secara tak terduga berguling ke belakang kendati rem parkir terpasang.

Seorang pemilik A.S. juga telah melaporkan insiden yang sama pada 2016. Pada bulan Januari 2017, pembuat mobil mulai menyediakan kit pengganti, yang akan tersedia untuk diler-diler untuk perbaikan massal. Ada total sekitar 13 laporan kerusakan di AS.

Komponen rem untuk Mazda3 dan Mazda6, dipasok oleh perusahaan Jepang, Akebono Brake Industries Co.