Selasa, 04 Juli 2017 15:52 WITA

Bus Ngangkang di China Ternyata Hanya Tipuan

Editor: Suriawati
Bus Ngangkang di China Ternyata Hanya Tipuan
Foto: Getty Images

RAKYATKU.COM - Masih ingat berita tentang bus ngangkang di China? Awal kemunculannya, kendaraan unik yang dinamai Transit Elevated Bus (TEB) ini menerima banyak pujian, karena menawarkan solusi kemacetan.

Sekarang, sebuah laporan dari surat kabar Southern Metropolis Daily mengklaim bahwa proyek tersebut tersadung "masalah keuangan."

BACA JUGA: Bus Futuristik TEB Mulai Diuji

Pada hari Senin (03/07) polisi Beijing mengumumkan bahwa mereka telah membuka penyelidikan atas dugaan penggalangan dana ilegal.

Bus Ngangkang di China Ternyata Hanya TipuanMenurut laporan, 72 investor telah mengajukan gugatan terhadap Huaying Kailai, perusahaan yang mengumpulkan dana dari investor individual untuk TEB. Pada bulan Oktober 2016, perusahaan ini berhasil mengumpulkan 9,1 miliar yuan (Rp17 triliun), haya dua bulan setelah bus diuji coba di kota pelabuhan Qinghuangdao.

Menurut Engadget, jauh sebelum polisi membuka penyelidikan, kecurigaan sudah mulai muncul akhir tahun lalu. Perusahaan perancang, Autek masih berhutang banyak untuk pekerjaannya bus, sementara jalur tes telah terbengkalai berbulan-bulan setelah batas izinnya habis. Padahal, pengembang harusnya telah membersihkan jalan raya setelah uji coba.

Tags