Rabu, 12 Juli 2017 05:34 WITA

Ini Tanda Piringan Cakram Sudah Saatnya Pensiun

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Ini Tanda Piringan Cakram Sudah Saatnya Pensiun

RAKYATKU.COM - Piringan cakram adalah komponen penting di sepeda motor Anda. Karena ia berkaitan dengan keamanan saat pengereman. Meski harganya lumayan lebih tinggi , tetapi komponen sepeda motor yang satu ini memiliki usia pakai yang terbilang lama.

Segeralah ganti piringan cakram ketika memiliki ciri-cirinya. Karena sistem pengereman merupakan hal terpenting ketika berkendara. Lantas, kapan saatnya kita mengganti piringan cakram? 

Berikut adalah tanda-tanda ketika piringan cakram motor sudah harus diganti karena sudah tidak layak pakai. 

Pinggiran atau sisi cakram bergelombang
Sisi cakram yang bergelombang dapat disebabkan beberapa hal. Salah satunya kebiasaan pengguna motor itu sendiri yang suka mengerem dengan cara ditekan dan dilepaskan berulang ulang atau tidak statis. Sehingga cakram atau kampas berkurang tetapi tidak rata. Bisa juga disebabkan karena kampas rem yang kurang pas ketika menghimpit cakram.

Sisi cakram menipis
Sisi cakram semakin menipis disebabkan karena penggunaan pengereman itu sendiri, umur cakram yang sudah tua jadi memang saatnya diganti. 

Lubang baut cakram semakin melebar
Ini juga biasanya disebabkan umur cakram yang sudah lama dalam penggunaannya. Gejala ini ditandai dengan kurang pakemnya rem ketika dilakukan pengereman atau adanya gerakan atau bunyi seperti terpentok sesuatu ketika mengerem.

Cakram tidak rata atau bengkok
Hal ini biasanya disebabkan kurang pas atau kurang sejajarnya antara kaliper dan cakram. Bisa juga karena motor terjatuh sehingga cakram bengkok. Ciri-cirinya cakram akan otomatis mengerem pada sisi cakram tertentu dan motor terasa berat ketika berjalan karena cakram mengerem secara otomatis.

Tags