18 July 2017 07:00 WITA

Oli Motor Skutik Anda Berkurang? Mungkin Ini Sebabnya

Editor: Almaliki
Oli Motor Skutik Anda Berkurang? Mungkin Ini Sebabnya
Ilustrasi motor

RAKYATKU.COM - Banyak anggapan kalau berkurangnya volume oli mesin sepeda motor, khususnya jenis matik, disebabkan karena ruang mesin bocor. Ternyata, ada juga hal lain yang menyebabkan pelumas berkurang.

Seperti beberapa hal di bawah ini.

Suhu mesin skutik cepat panas

Guna memberikan kenyamanan bagi pengendara skutik, pabrikan menyediakan dek untuk pijakan kaki. Dan mesin skutik berada tepat di belakang kaki.

"Konstruksi mesin matik terbungkus, jadi minim pendinginan udaranya. Suhu cenderung lebih panas dari motor jenis lain, sehingga panas dari mesin tidak terbuang secara sempurna," buka Priyo Aripurwadi, Technology, Engineering, R&D Director PT Federal Karyatama dilansir laman Federal oil.

Pemilihan bahan bakar

Kesalahan dari pemilik skutik dalam pemilihan bahan bakar, bisa juga menjadi masalah. "Pemilihan bahan bakar yang tidak tepat, misalnya sebuah motor diharuskan menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan tertentu, lalu diisi dengan BBM yang memiliki oktan lebih rendah," jelasnya.

Priyo juga mengaku kalau kondisi tersebut menimbulkan panas pada mesin dan menyebabkan oli menguap. "Untuk itu diperlukan sebuah pelumas berkualitas dan minim penguapan."

Tags
motor