02 August 2017 14:57 WITA

Knalpot Racing Bikin Performa Motor Semakin Turun?

Editor: Adil Patawai Anar
Knalpot Racing Bikin Performa Motor Semakin Turun?

RAKYATKU.COM - Di era trend modifikasi, knalpot menjadi bagian yang sering diganti pada sepeda motor. Penggantian tersebut diyakini dapat meningkatkan tampilan yang lebih menarik dan raungan suara khas motor sport.

Selain itu, penggantian peredam gas buang pada sepeda motor juga diyakini dapat meningkatkan performanya. Ubahan tersebut khususnya ketika menyematkan 'knalpot racing'.

Sekarang, benarkah pemasangan 'knalpot racing' pada mesin sepeda motor yang masih standar pabrikan dapat meningkatkan performanya? Tak jarang, mengganti knalpot justru tenaga mesin yang diharapkan malah menurun atau 'gembos'. Seperti yang dipaparkan Joni selaku pemilik bengkel Jaya Wijaya dikutip dari medanbisnisdaily.com Selasa (2/8/2017)

"Kurangnya tenaga mesin kendaraan setelah dipasang knalpot racing biasanya terjadi karena kesalahan pada desain knalpot," katanya.

Desain yang dimaksud bukan secara tampilan, akan tetapi desain dalaman knalpot. Seperti, berapa dimensi lubangnya, bagaimana desain  filternya dan sebagainya.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai 'knalpot racing' sepeda motor, teknisi dari kursuskorter.com menjelaskan terkait fungsi part tersebut.

"Knalpot racing didesain untuk memaksimalkan pembuangan gas sisa pembakaran dengan lubang pembuangan yang lebih besar sehingga aliran gas buang pun lebih lancar. Berbeda dengan knalpot standar yang masih dilengkapi dengan filter dan sekat-sekat," katanya

Membaca penjelasan tersebut, sebelum Otolover's memasang knalpot racing pada mesin sepeda motor yang masih standar, perlu observasi kesesuaian knalpot yang akan Anda pasang. Selain itu, bisa juga bertanya atau menyerahkan pada ahli knalpot. 

Hal tersebut supaya penggantian peredam gas buang dengan knalpot racing tersebut tidak hanya sekedar tampilan dan ruangan suara yang merdu, akan tetapi performanya juga bisa terdongkrak.