11 August 2017 17:03 WITA

Motor Matik Anda Keluarkan Suara Bising, Ini Penyebabnya

Editor: Adil Patawai Anar
Motor Matik Anda Keluarkan Suara Bising, Ini Penyebabnya
Ilustrasi motor matik.

RAKYATKU.COM - Indonesia merupakan negara dengan pangsa sepeda motor terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India. Jika sekitar 5 tahun lalu sepeda motor jenis bebek mendominasi pasar roda dua di Indonesia, kini yang menjadi raja dan pilihan adalah skuter matik.

Tidak heran jika produsen sepeda motor berlomba-lomba menelurkan beberapa varian motor matik sekaligus, yang memberikan konsumen lebih banyak pilihan.

Karena sudah menjadi alat transportasi favorit masyarakat Indonesia, motor ini juga kerap ditemui masalah. Lantaran skutik menggunakan CVT, sering ditemui kasus suara bising seperti tikus pada CVT. Lalu bagaimana mengatasi atau menghilangkan suara tersebut?

Dilansir otosia.com, suara bising yang muncul dari bagian CVT kemungkinan terjadi karena komponen-komponen CVT kotor ataupun mengalami keausan, terutama terjadi di bagian van belt, roller weight & centrifugal clutch.

Untuk mengatasinya dan menghilangkan suara tersebut harus dilakukan pembersihan, pemeriksaan dan pengukuran untuk memastikan tidak ada kotoran dan keausan di komponen-komponen CVT.

Demi kenyamanan berkendara periksa dan bersihkan secara rutin komponen CVT setiap 8000 KM dan kelipatannya.