21 August 2017 11:22 WITA

Toyota Kenalkan Si Seksi C-HR di Makassar

Editor: Andi Chaerul Fadli
Toyota Kenalkan Si Seksi C-HR di Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah memamerkan Toyota Coupe-High Rider (C-HR) nya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Mobil dengan sebutan The Sexy Diamond ini diunggulkan dengan kapasitas mesin dan fitur canggihnya.

"Di pasar dunia, Toyota C-HR ditawarkan dengan mesin 1.200 cc (turbo) dan Hybrid menggunakan mesin 1.800 cc. C-HR Hybrid yang menggunakan Hybrid Synergy Drive dilengkapi motor listrik nickel metal hydride," ujar 
Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, Senin (21/8/2017).

C-HR merupakan satu dari dua mobil hybrid terbaru dari Toyota. C-HR tampil dipublik dunia pertama kali pada Geneva Motor Show 2014 lalu sebagai mobil konsep. 

Toyota C-HR adalah model compact crossover pertama dari Toyota dan merupakan model kedua yang dikembangkan di bawah implementasi konsep TNGA. 

Pada 2016 mulai diproduksi untuk pasar Jepang dan pada 2017 mulai dipasarkan ke Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan sebagian pasar Asia.

Mobil ini menggabungkan dua segmen, yaitu sedan sport (coupe) dengan SUV. Implementasi dari konsep TNGA berhasil membawa desain dan sasis C-HR ke tingkat optimum.

Pemakaian bahan bakar yang irit mampu membawa kendaraan ini memiliki jarak jelajah sekitar 560-610 km. Karena didukung dengan konsumsi bahan bakar sekitar 13-19 km per liter untuk varian 1.2L, dan 24-29 km  per liter untuk varian hybrid.

Selain desain yang menarik, C-HR juga dilengkapi dengan sistem keselamatan yang dikembangkan melalui Toyota Safety Sense (TSS) yang terlihat pada feature keselamatan yang lebih advance. Seperti Collision System with Pedestrian Detection yang tidak hanya berorientasi terhadap pengendara dan penumpang.

Tapi juga keselamatan orang lain di luar kendaraan seperti pejalan kaki di trotoar. Mobil ini juga dilengkapi Lane Departure Alert untuk mencegah kendaraan ke luar jalur serta Adapative Cruise Control.

Februari 2017 lalu, Toyota membukukan total penjualan mobil Hybrid secara global lebih dari 10 juta unit, yang menjadikan Toyota penguasa pasar mobil hybrid di pentas global. 

Sebagian besar dari angka tersebut, yaitu sekitar 50 persen berasal dari penjualan lima tahun terakhir. Sejak tahun 2012, rata-rata angka penjualan mobil hybrid menembus angka di atas 1 juta per tahun.

“Jumlah tersebut membuktikan bahwa konsumen pun semakin concern terhadap pelestarian lingkungan melalui teknologi hybrid. Semoga kedepannya semakin banyak konsumen yang turut serta dalam kampanye pentingnya menjaga lingkungan,” kata Soerjopranoto.

Di Indonesia sendiri, varian hybrid yang ditawarkan Toyota seperti Camry Hybrid dan Alphard Hybrid juga disambut antusias oleh masyarakat. Tren penjualannya juga terus meningkat, dan sampai saat ini Toyota sudah menjual sekitar 1.550 unit mobil hybrid.

Tags
TAM
Toyota