Selasa, 22 Agustus 2017 06:32 WITA

Deretan Kota di Indonesia yang Seru untuk Touring Motor

Editor: Adil Patawai Anar
Deretan Kota di Indonesia yang Seru untuk Touring Motor

RAKYATKU.COM - Bagi sebagian orang touring motor menjadi salah satu pilihan traveling yang menyenangkan. Selain lebih hemat, dengan membawa motor sendiri rasanya bisa lebih fleksibel bepergian ke beragam lokasi. Apalagi beberapa daerah di Indonesia memang belum dijangkau transportasi publik, sehingga touring tetap dirasa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Dilansir otosia.com, bicara tentang Indonesia, ternyata ada beberapa kota maupun daerah yang cocok dijadikan lokasi touring motor. Di mana saja? Berikut ini deratan lokasinya.

Banyuwangi

Dalam kurun lima tahun terakhir nama Banyuwangi mulai ramai dilirik wisatawan. Beragam pantai yang menawan dan eksotisem Taman Nasional yang lengkap membuat Banyuwangi cocok dijadikan jujukan touring motor. Jalannya yang sebagian besar masih diapit hutan di kiri-kanan, membuat sensasi bertulang semakin mendebarkan. Selain pantai, biker juga bisa pergi ke daerah pegunungan, seperti di Gunung Ijen, pun ke Taman Nasional Alas Purwo.

Wonosobo

Jika Banyuwangi punya Gunung Ijen, maka Wonosobo punya Dataran Tinggi Dieng.  Medan yang naik turun melintasi perbuktikan dan jurang, membuat Wonosobo jadi salah satu destinasi tepat bagi biker yang butuh tantangan. Sesekali jalan terjal mungkin bakal dilalui, tetapi semua akan terbayar dengan pemandangan keren dan sejuknya udara di puncak Dieng.

Malang

Bicara Malang, destinasi yang paling difavoritkan biker tentu saja Bromo. Trek menuju salah satu Taman Nasional di Jawa Timur ini memang terbilang ekstrem. Banyak kelokan, dan tak sedikit yang kerap terputus akibat longsor. Namun, justru itulah yang dicari para biker sejati. Memacu adrenalin demi menikmati indahnya Bromo dengan cara yang berbeda.

Waingapu

Di luar pulau Jawa, juga banyak destinasi menarik yang bisa dituju untuk touring. Sebut saja Waingapu. Kota ini berada di Sumba. Seperti diketahui, pulau satu ini punya keindahan alam, dari pantai hingga perbukitan yang tiada kurangnya. Maka sangat tepat, jika biker memilih Sumba sebagai tempat untuk touring motor. Sebab, jika backpacking cukup sulit kendaraan umum untuk menuju ke setiap lokasi.

Karimunjawa

Suka touring dan juga diving? Karimunjawa bisa menjadi pilihannya. Perlu menyeberang dulu memang dari Jepara. Namun, justru di situlah sensasinya. Setibanya di sana, bukan saja bisa diving, tetapi juga bisa menjelajahi pulau Karimunjawa dari ujung ke ujung dengan touring motor. Petualangan pun menjadi lebih berkesan.

Memang touring motor ini hanya diminati oleh orang-orang yang ingin kebebasan bertualang. Untuk itu, tak ada salahnya menjadikan kelima daerah tersebut sebagai destinasi touring berikutnya.