03 September 2017 09:33 WITA

Honda Berencana Produksi Vision XS-1 Saingan Toyota Rush

Editor: Adil Patawai Anar
Honda Berencana Produksi Vision XS-1 Saingan Toyota Rush
Honda Vision XS-1.

RAYATKUKU.COM - Pada pameran Auto Expo 2014, Honda memperkenalkan mobil konsep terbaru yaitu Vision XS-1. Dalam sebuah laporan yang dilansir dari Indianautosblog pabrikan asal Jepang itu berencana memasukkannya ke jalur produksi.

Honda Vision XS-1 adalah model yang dirancang untuk mewakili kreativitas perusahaan dalam membangun mobil compact. Ini merupakan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) dengan tiga baris tempat duduk yang mampu menampung hingga tujuh orang penumpang di kabin. Mobil konsep berkelir biru itu mengadopsi pintu geser untuk mempermudah penumpang masuk maupun keluar kabin.

Pada saat debut Vision XS-1, Honda menyatakan dengan jelas bahwa perusahaannya tidak memiliki rencana untuk menerapkan mobil tersebut ke jalur produksi. "Tidak ada rencana produksi massal untuk model ini, saat ini," kata perusahaan itu, dilansir okezone.com.

Namun, beredar rumor bahwa rencana itu sudah berubah. Kini perusahaan ingin meluncurkan SUV dengan acuan desain berasal dari mobil konsep Vision XS-1. Dilaporkan pula bahwa model tersebut akan hadir di China. Posisinya akan berada di antara sport utility vehicle (SUV) HR-V dan XR-V. Kedua model tersebut sebenarnya berbeda. Namun banyak yang menganggapnya sama. XR-V merupakan produk yang dikeluarkan oleh Guangqi Honda, sebuah perusahaan patungan antara Honda dengan perusahaan automotif lokal asal China.

Honda masih menyimpan rapat spesifikasi dan kapan versi produksinya diperkenalkan. Namun diprediksi akan mengendong mesin bensin naturally aspirated berkapasitas 1,5 liter, Mesin dihubungkan ke transmisi otomatis dengan continuously variable transmission (CVT). Bisa jadi Honda juga menawarkan versi hybrid.

Bila nantinya mobil tersebut jadi diproduksi maka kemungkinan besar akan besaing dengan mobil yang berada di segmen SUV seperti Toyota Rush, Chevrolet Trax, dan Daihatsu Terios.