10 September 2017 17:21 WITA

China Juga Akan Hentikan Penjualan Mobil Bahan Bakar Gas

Editor: Suriawati
China Juga Akan Hentikan Penjualan Mobil Bahan Bakar Gas
VCG Photo

RAKYATKU.COM - China berencana untuk menghentikan penjualan mobil bahan bakar gas, dan mendorong perusahaan otomotiv untuk mempercepat upaya untuk memproduksi kendaraan listrik.

Wakil Menteri Perindustrian dan Informasi Teknologi China (MIIT) Xin Guobin, mengungkapkan pada hari Sabtu (09/09) bahwa langkah itu diambil karena kendaraan energi baru (NEV) mengalami perkembangan pesat.

BACA JUGA: Indonesia Harus Siap dengan Mobil Listrik

"Kementerian telah mulai mempelajari industri ini dan akan mulai membuat garis waktu kapan negara akan berhenti membuat dan menjual mobil bertenaga gas," kata Xin.

"Langkah-langkah tersebut akan membantu mendorong perubahan besar dalam industri otomotif negara kita," kata Xin dalam sebuah forum internasional mengenai pengembangan industri di Tianjin.

China telah menjadi pasar terbesar di dunia yang memproduksi dan menggunakan NEV sejak 2015, menurut MIIT. Badan Energi Internasional mengatakan China menyumbang lebih dari 40 persen dari total mobil listrik yang terjual di seluruh dunia.

Cina bukan satu-satunya negara yang berencana untuk melarang mobil bertenaga gas. India, Prancis, Inggris, dan Norwegia semua berencana untuk membuang mobil diesel dan menggantinya dengan mobil listrik untuk kendaraan dan udara yang lebih bersih.