30 September 2017 19:21 WITA

Dijual Rp 60 Miliar, Begini Penampakan Jet Pribadi Buatan Honda

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dijual Rp 60 Miliar, Begini Penampakan Jet Pribadi Buatan Honda

RAKYATKU.COM - Pabrikan otomotif asal Jepang, Honda, selama ini memang identik dengan mobil dan motor. Namun, ada hal yang jarang diketahui oleh masyarakat bahwa Honda juga menciptakan sebuah pesawat yang diberi nama HondaJet HA-420.

Jet ini merupakan produk keluaran Honda sejak protoype-nya pertama dibuat di 2004. Sudah terbang ke berbagai belahan negara, HondaJet digadang-gadang akan dijual di pasar Asean, termasuk Indonesia.

Meskipun terlihat sempit, namun kokpitdari HondaJet sebetulnya didesain secara ergonomis dan nyaman. Selain itu, sistem penerbangan juga dilengkapi dengan Synthetic Vision Technology atau sistem komputer yang menampilkan citra lingkungan sekitar pesawat pada layar utama kokpit. Jadi, selain nyaman, jet ini juga menyediakan teknologi canggih.

Layar akan menampilkan topografi bumi secara 3D. Lengkap dengan informasi utama penerbangan yang dibutuhkan pilot. Saat dipasarkan di Jepang, harga jet ini senilai US$ 4,5 juta atau sekitar Rp 60,79 miliar. 

Dilansir IDNTimes, Aangka ini jauh lebih murah daripada harga jet pada umumnya yang berkisar US$ 50 juta atau setara Rp 675 miliar. Selain, itu HondaJet dapat menempuh jarak perjalanan sejauh 1.400 mil.

Meluncur lebih kebelakang yaitu bagian kabin. Jet kerjasama antara Jepang dan Amerika ini dapat menampung sebanyak empat penumpang. Dengan tampilan sepasang kursi yang berhadap-hadapan.

Sebenarnya ada satu lagi kursi tambahan antara kokpit dan kabin. Kursi tersebut bisa dioperasikan untuk pramugari, penumpang tambahan dan lain sebagainya sehingga total lima penumpang. Fasilitas lain dalam kabin ialah colokan listrik, meja lipat dan lampu baca.


 

Tags