Sabtu, 21 Oktober 2017 06:30 WITA

Teknik Mengerem Motor

Editor: Almaliki
Teknik Mengerem Motor

RAKYATKU.COM - Asal tahu saja, fungsi pengereman sebenarnya bukan untuk menghentikan motor, tapi untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap. Malahan, mengerem bukan hanya tekan tuas rem saja. Jika begitu, Anda bisa terpelanting.

Dikutip dari laman astra-honda.com, ternyata mengerem yang benar-benar efektif adalah menggunakan secara bersamaan antara rem depan dan belakang, bukan mengoptimalkan salah satu.

Sejauh ini banyak yang salah, karena berpikir kalau paling efektif menghentikan laju sepeda motor dengan rem belakang. Ternyata yang paling efektif menghentikan kendaraan dengan dua rem tersebut.

Apabila teknik pengereman dikuasai, maka jarak pengereman paling pendek akan diperoleh apabila mengaplikasikan rem depan.

Meski demikian, penggunaan rem belakang bisa dipakai kalau berada di kondisi jalan turunan dan motor dengan kecepatan rendah. Jika tengah melaju kencang dan hanya menekan rem belakang saja, akan membuat sepeda motor tidak stabil.

Kemudian yang perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk menekan rem depan sekuat-kuatnya.

Sebelum berkendara di jalan raya, pengendara bisa berlatih dan mencoba beberapa teknik pengereman. Misalnya, pengereman dengan menggunakan rem belakang saja, kemudian rem depan saja, dan terakhir cobalah dengan teknik pengereman yang benar dengan menggunakan kedua rem.

Jika motor Anda motor manual, upaya pengereman akan lebih efektif lagi jika bisa dibarengi engine brake, cara dengan menurunkan posisi gigi kendaraan ke lebih rendah. 

Kalau pada matic hanya pada batas menurunkan putaran gas. Tentu efeknya tidak secepat engine brake pada motor sport atau manual.

Tags