Rabu, 01 November 2017 16:23 WITA

Motor Listrik di Indonesia Sudah di Depan Mata

Editor: Adil Patawai Anar
Motor Listrik di Indonesia Sudah di Depan Mata

RAKYATKU.COM - Menyusul peluncuran generasi baru Honda PCX H‎ybrid dan listrik di Jepang pada pekan lalu, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengumumkan mulainya uji coba pasar kendaraan listrik di Indonesia, di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Model uji yang digunakan yaitu skuter e-Vino yang sudah dijual di Taiwan sejak 2014. YIMM meminjamkan e-Vino kepada berbagai instusi agar bisa mendapat masukan buat pengembangan.

Presiden Direktur dan COO ‎YIMM Minoru Morimoto mengatakan Yamaha sudah memperkenalkan sepeda dengan bantuan tenaga listrik pertama di dunia menggunakan teknologi Power Assist System (PAS) sejak 1993. Sedangkan, motor listrik pertama Yamaha, Passol, meluncur pada 2002.

"Dengan latar belakang ini, kami sangat percaya diri untuk menghadapi era kendaraan listrik di Indonesia. Kami mengerti bahwa pemerintah Indonesia sedang mengembangkan industri kendaraan listrik dalam rangka memenuhi komitmen sebagai kontribusi terhadap kondisi lingkungan di Indonesia," kata Morimoto seperti dilansir kompas.com.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronik, Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan yang juga hadir di lokasi, mengatakan, rencana YIMM ingin masuk ke pasar motor listrik patut diapresiasi. Putu berharap YIMM akan menjadi model industry yang baik dan benar.

“Mengapa kok belakangan ini kendaraan listrik menjadi topik seksi? Perlu kami sampaikan upaya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sesuai COP 21 di Paris merupakan upaya nasional. Indonesia sudah menyatakan komitmen pada 2030 kita menurunkan 29 persen. Kita tidak perlu risau, bila tiba-tiba kendaraan listrik meluncur. Apalagi kalau mereka punya niat menciptakan industrinya,” kata Putu.

Wakil Presiden Eksekutif YIMM Dyonisius Beti mengatakan Yamaha Indonesia sedang dalam proses mengkaji pengembangan motor listrik. Suatu saat nanti motor listrik Yamaha akan dijual di Indonesia.