Selasa, 07 November 2017 17:59 WITA

Inilah Mobil Tercepat yang Pernah Ada, Capai 447 Km/jam

Editor: Suriawati
Inilah Mobil Tercepat yang Pernah Ada, Capai 447 Km/jam
Koenigsegg Agera RS

RAKYATKU.COM - Dunia otomotif memiliki juara baru dalam hal kecepatan, yaitu Koenigsegg Agera RS. Mobil Swedia ini baru saja memecahkan rekor untuk mobil tercepat di dunia, setelah menyusuri jalan raya di Nevada pada hari Sabtu.

RS Agera mencatat kecepatan rata-rata 277.9mph (447 km/jam) selama dua putaran. Mobil ini dengan mudah mengalahkan rekor 2010 yang ditetapkan oleh Bugatti Veyron Super Sport, dengan kecepatan 267.8mph (430 km/jam).

Pada tahap pertama, Koenigsegg mencatat kecepatan tertinggi 271.2mph. Selama putaran kedua, mobil mencatat kecepatan tertinggi 284.5mph, dan dinobatkan sebagai mobil produksi tercepat yang pernah ada. Mobil ini dikemudikan oleh pembalap pabrik, Niklas Lilja.

 

Sebenarnya, pada tahun 2014, Hennessey Venom GT mencatat kecepatan 270.5mph. Namun mobil ini gagal mencatat rekor, karena Hennessey hanya menyelesaikan satu putaran.

Untuk mengklaim gelar mobil tercepat, kendaraan diharuskan membuat dua putaran dari landasan yang sama dengan arah yang berlawanan. Rekor tersebut kemudian dirata-ratakan, untuk meniadakan efek dari hal-hal seperti tanjakan dan kecepatan angin.