Sabtu, 11 November 2017 07:00 WITA

Etika Mengisi Bensin di SPBU

Editor: Almaliki
Etika Mengisi Bensin di SPBU

RAKYATKU.COM - Sebagai pengendara motor, jangan remehkan cara pengisian bensin yang benar. Alasannya, jika menghiraukan aturan, bisa terjadi kebakaran dan meledaknya stasiun pengisian bahan bakar. Nah, dilansir dari situs Federal, pengisian bahan bakar sebaiknya dilakukan di area terbuka.
 
Kedua, pastikan mesin dalam kondisi mati, sembari menghindari tumpahnya bahan bakar ke area mesin yang dalam kondisi panas. Ketiga, jangan merokok dan pastikan jauh dari api atau percikan api. Hal penting lainnya, hindari mengoperasikan peralatan elektronik seperti gadget atau kamera.

Alasannya, ponsel dapat mengeluarkan frekuensi yang cukup tinggi dan bisa mengeluarkan bunga api berukuran satu mikron, atau setara dengan seper seratus milimeter. Percikan ini kerap keluar dari HP di antena koil akibat perbedaan yang cukup tinggi.

Tak hanya itu. Ligh Emitting Diode (LED) pada ponsel berbeda dengan LED pada umumnya. LED pada ponsel, dipasang telanjang sehingga bersentuhan dengan udara bebas.

LED tersebut terhubung dengan tabung dari plastik sehingga filamennya terlindung. Oleh sebab itu, ketika ponsel dinyalakan, biasanya akan menimbulkan pijar, dan pijar tersebut bisa menimbulkan percikan api dan bisa meledakkan pom bensin.

Selain itu, yang perlu diperhatikan, hindari menghirup uap bahan bakar, dengan senantiasa menggunakan masker saat mengisi bahan bakar.

Tags