Sabtu, 18 November 2017 16:41 WITA

Toyota Siapkan Tim untuk Ungkap Kecelakaan Setya Novanto

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Toyota Siapkan Tim untuk Ungkap Kecelakaan Setya Novanto

RAKYATKU.COM - Pihak Toyota Astra Motor (TAM) menanggapi kecelakaan yang dialami tersangka kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto. Ketika itu, pejabat yang akrab disapa Setnov tersebut sedang menumpang Toyota Fortuner milik, Hilman Matauch.

Mobil yang ditumpangi Setnov menabrak tiang listrik di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan. Akibatnya pejabat yang akrab disapa Setnov itu harus dilarikan ke rumah sakit. Bekaitan dengan kecelakaan tesebut, publik banyak yang bertanya-tanya soal fitur keselamatan Fortuner. Karena itu pula Toyota angkat bicara.

"Pada dasarnya produk Toyota sudah didesain untuk dilindungi dari berbagai arah," kata General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division di PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman kepada Otosia.

Menurut Iwan, crumple zone ini terutama terletak di bagian depan. Fungsinya untuk menyerap energi benturan, tujuan mengamankan area penumpang atau kabin. Sementara itu, kata dia, untuk area samping dan belakang juga memiliki struktur serupa yang disebut energy absorbing mechanism.

Kemudian terkait dengan kecelakaan yang menimpa Setnov ini, Iwan mengaku belum bisa menyimpulkan apa yang menjadi penyebab Setnov bisa luka parah, hingga tak sadarkan diri dan masuk rumah sakit.

Menurut dia, untuk menganalisa apa yang terjadi pada mobil yang ditumpangi Setnov ini, Toyota siap mengirimkan tim ahli. Termasuk, pihak Toyota Astra Motor juga siap mengonfirmasi fakta-fakta yang terjadi pada kendaraan yang kecelakaan saat ditumpangi Setnov.

"Perlu investigasi menyeluruh, dan kami siap jika dibutuhkan team teknis yang akan menganalisa itu. Tentunya kami turut prihatin dengan kejadian ini," jelasnya dilansir Otosia.