Sabtu, 02 Desember 2017 05:30 WITA

Jangan Sepelekan Oli Saat Motor Terendam Banjir

Editor: Almaliki
Jangan Sepelekan Oli Saat Motor Terendam Banjir

RAKYATKU.COM - Saat ini sedang musim hujan. Banyak kota di belahan Indonesia sudah direndam banjir. Motor yang dipakai untuk berkendara saat banjir pun harus diperhatikan olinya.

Bahayanya, akibat banjir yang masuk sampai ke mesin, bisa membuat motor tak bisa dinyalakan.  Kelisitrikan mati, bahkan tekanan kohmpresi hilang, sehingga tidak bisa hidup.

"Ada yang kompresinya nggak ada. Kelistrikan mati. Airnya masuk semua," ungkap Yuli (38), salah serang montir di Bantul, dilansir Federaloil.

Motor matic jumlahnya paling banyak. "40-an ada itu, kalau airnya dikit ya mudah. Tapi yang banyak kemasukan air susah, harus ngeringkan dulu. Oli juga harus ganti karena campur air," katanya.

Nah, bicara rekondisi mesin motor yang terendam banjir ini. Oli atau pelumas merupakan kunci dari ketahanan jeroan mesin, untuk terlindungi dari serangan air. 

"Carilah oli yang baik, yang bisa melekat dengan sempurna pada permukaan metal dalam, meski motor dihantam air atau cuaca dingin sekalipun. Terpenting ada ACT Cleaner yang berfungsi membersihkan kotoran permukaan komponen mesin, yang membuat kinerja mesin lebih optimal," tukas montir tersebut, dikutip Federal.

Tags