Selasa, 05 Desember 2017 07:31 WITA

Diskon Mobil-mobil Baru di Akhir Tahun

Editor: Adil Patawai Anar
Diskon Mobil-mobil Baru di Akhir Tahun

RAKYATKU.COM - Potongan harga atau diskon banyak ditawarkan oleh diler-diler resmi mobil jelang pergantian tahun. Cara ini dianggap menguntungkan baik untuk konsumen maupun untuk diler tersebut.

Konsumen biasanya tergiur dengan potongan harga yang diberikan saat hendak memutuskan untuk memboyong mobil baru. Di lain pihak, diler juga bisa menghabiskan sisa unit mobil yang diproduksi pada tahun itu.

Lalu, berapa besar diskon yang diberikan oleh diler resmi? 

1. Yaris Vs Jazz

Dilanisr viva, jenis hatchback memang tidak sepopuler mobil keluarga, meski demikian jenis ini cukup diminati oleh konsumen. Diler resmi Toyota di Jakarta Barat memberi potongan untuk hatchback andalanya, Toyota Yaris sebesar Rp30 juta.

Tidak hanya Toyota Yaris, pesaing utamanya, Honda Jazz juga diberikan program cuci gudang jelang pergantian tahun. Meski demikian, jumlahnya lebih kecil Rp20 juta maksimal.

2. Agya Vs Brio

Sebagaimana diketahui, mobil kategori low cost green car atau LCGC dibanderol tak lebih dari Rp150 juta. Namun, bukan berarti membeli mobil ini dalam kondisi baru di akhir tahun tak diberikan diskon.

Hampir semua mobil LCGC untuk lima penumpang diberi harga spesial di akhir tahun ini. Diskon paling besar dalam catatan VIVA diberikan oleh diler resmi Honda di Bekasi, Jawa Barat, yakni mencapai Rp15 juta. 

Bagi penggemar Toyota Agya, diler resmi Toyota di Bekasi ada yang berani kasih potongan Rp7 juta. Sementara kembarannya, Daihatsu Ayla, diberikan potongan harga Rp5 juta oleh diler resmi Daihatsu. Diler Indomobil Nissan Datsun mencoba menggoda konsumen dengan diskon Rp10 juta pada model Datsun GO.

3. Calya Vs Datsun Go+

Tak berbeda dari model hatchback, multy purpose vehicle LCGC juga diberikan potongan harga serupa. Untuk Toyota Calya, potongan Rp7 juta untuk yang hendak membeli di akhir tahun, begitu juga Daihatsu Sigra yang hanya dapat diskon Rp5 juta. Untuk model Datsun GO+ Panca diberikan potongan Rp10 juta lengkap dengan beberapa bonus tambahan aksesori dari tenaga penjualnya.

4. Rush Vs BR-V 

Pada segmen ini, ada dua generasi baru Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Hal ini membuat potongan harga yang diberikan untuk model lawasnya cukup tinggi, yakni bisa menyentuh angka Rp35 juta.

Sementara kompetitornya dari produk Honda, yakni BR-V juga diberikan potongan harga yang menggiurkan, yakni mencapai Rp25 juta oleh diler Honda di Bekasi. Untuk crossover HR-V diberikan kisaran diskon Rp15-Rp20 juta.

5. Avanza Vs Mobilio

Di kelas ini, menjadi pilihan favorit banyak orang lantaran beragam mobil yang ditawarkan. Untuk diskon, Toyota Avanza diberikan Rp24 juta, sementara varian tertingginya Veloz Rp27 juta. Kembarannya, Daihatsu Xenia dikorting Rp20 juta.

Bagi yang ingin tampil beda, bisa memilih Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga. Mobil keluarga segmen bawah Honda tersebut dipotong harga Rp28 juta maksimal. Sementara Suzuki Ertiga Rp20 juta untuk yang bermesin bensin dan Rp21 juta untuk varian diesel.

6. Innova Vs Panther

Mobil-mobil di kelas ini sudah memiliki banderol di atas Rp200 juta, namun tetap mendapat potongan harga cukup besar. Toyota Kijang Innova misalnya, bisa dikorting Rp30 juta, untuk MPV pintu geser Toyota Sienta diskon maksimal Rp38 juta. 

Penggemar mobil diesel atau konsumen loyalis Isuzu Panther juga bisa memanfaatkan momen diskon akhir tahun. Mobil yang khas dengan mesin diesel-nya itu dipotong harga Rp8-Rp10 juta, plus bisa negosiasi tambahan aksesori dari diler di Jakarta Timur dan Bekasi.