Selasa, 12 Desember 2017 18:07 WITA

Jaga Kepuasan Pelanggan, Toyota Tingkatkan Peran Aftersales 

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Jaga Kepuasan Pelanggan, Toyota Tingkatkan Peran Aftersales 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Executive General Manager Toyota-Astra Motor (TAM), Widyawati menyebutkan, sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond, Toyota tidak hanya memberikan produk dan teknologi yang bagus, tetapi juga terus meningkatkan peran aftersales.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada pelanggan. Sehingga, pelanggan merasakan pengalaman kepemilikan terbaik dan terus mempercayakan mobil mereka untuk ditangani oleh Toyota.

“Kepercayaan tersebut yang pada akhirnya menjadikan mereka loyal terhadap Toyota dan menjadi kekuatan untuk merek Toyota. Di TAM, istilahnya adalah customer first, yang pada prinsipnya berarti kami mengutamakan para pelanggan setia,” kata Widyawati, Selasa (12/12/2017).

Dia menambahkan, keberhasilan Toyota dalam mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar otomotif nasional tidak hanya tergantung pada produk dan teknologi yang diperkenalkan selama ini, melainkan juga karena adanya layanan prima bagi pelanggan pada saat pembelian kendaraan. Selain itu juga pengalaman pelanggan setelah memiliki kendaraan atau aftersales. 

Toyota mempunyai standar layanan aftersales, diantaranya meliputi item pekerjaan Servis Berkala yang lengkap, penanganan kendaraan Toyota oleh teknisi yang berpengalaman dan tersertifikasi, penggunaan suku cadang yang terjamin keasliannya (Toyota Genuine Parts), serta peralatan yang sesuai dengan teknologi Toyota.

Toyota berkomitmen untuk terus melakukan berbagai improvement, sehingga dapat memberikan pengalaman berkendaraan terbaik bagi para pelanggan setia. Improvement yang dilakukan baik dari sisi fundamental service maupun aktivitas-aktivitas breaktrough, yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Diketahui, selain Customer Service Index (CSI), Toyota juga mendapatkan peringkat kedua dalam kategori Sales Satisfaction Index (SSI) dari lembaga yang sama. Dengan poin sebesar 789, Toyota tercatat sebagai salah satu perusahaan otomotif roda empat yang mempunyai indeks kepuasan penjualan bagi pelanggan.

Tags