Selasa, 12 Desember 2017 20:55 WITA

Bir Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar Pengganti Bensin

Editor: Suriawati
Bir Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar Pengganti Bensin
INT

RAKYATKU.COM - Bir bisa diubah menjadi bahan bakar dan menjadi alternatif berkelanjutan untuk bensin, menurut penelitian ahli kimia di University of Bristol.

Menurut laporan, para peneliti telah menghabiskan bertahun-tahun untuk mengembangkan teknologi untuk mengubah etanol yang tersedia secara luas menjadi butanol (alternatif bahan bakar yang lebih baik, yang memiliki kerapatan energi lebih rendah).

"Alkohol dalam minuman beralkohol sebenarnya adalah etanol - molekul yang persis sama dengan yang ingin kita ubah menjadi butanol sebagai pengganti bensin," kata peneliti, Profesor Duncan Wass.

Bir Bisa Diubah Jadi Bahan Bakar Pengganti BensinMereka menggunakan katalis, zat yang digunakan untuk mempercepat dan mengendalikan reaksi kimia, untuk mengubah etanol menjadi butanol.

"Jika teknologi kami bekerja dengan minuman beralkohol - terutama bir, yang merupakan model terbaik - maka ini menunjukkan bahwa potensi tersebut dapat ditingkatkan untuk membuat butanol sebagai pengganti bensin dalam skala industri."

Tim peneliti sekarang akan membangun versi teknologi berskala besar, yang bisa memakan waktu hingga lima tahun.

Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Catalysis Science & Technology.