Minggu, 17 Desember 2017 00:31 WITA

Mengenal Fitur Answer Back dan Immobilizer pada Sepeda Motor

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Mengenal Fitur Answer Back dan Immobilizer pada Sepeda Motor
kunci motor.

RAKYATKU.COM - Kebanyakan motor baru saat ini sudah memiliki fitur Answer Back. Nah, bagi yang masih awam mengenai fitur ini wajar. Sebab meski sudah diperkenalkan beberapa tahun tapi baru di tahun ini fitur tersebut mulai populer.

Answer Back System secara umum adalah fitur yang berfungsi memberi kemudahan bagi pemilik atau pengendara kendaraan untuk mencari motor di lokasi parkir, terlebih untuk parkiran yang luas dan banyak berderet sepeda motor sejenis. 

Ketika kita di parkiran kesulitan menjadi motor posisinya dimana, kita tinggal menekan menekan tombol pada remote yang terintegrasi dengan kunci atau keyless. Setelah tombol ditekan, secara otomatis sepeda motor akan memberi respon suara sekaligus semua lampu seinnya menyala.

Melalui fitur ini pengguna akan terbantu lebih mudah dalam mendeteksi keberadaan motor seperti halnya feedback alarm pada mobil. Untuk jaraknya sendiri, rata-rata remote Answer Back tersebut bisa mendeteksi dengan jarak sekitar 20 meter.

Biasanya yang satu paket dengan fitur ini adalah fitur Keyless Ignition. Fitur ini mengandalkan remote untuk memancarkan sinyal pada switch On/Off. Fitur ini membuat motorr tidak akan bisa hidup ketika remote berada di jarak tertentu dari sepededa motor.

Lainnya adalah fitur Immobilizer. Secara sederhana, immobilizer adalah perangkat keamanan elektronik yang mencegah mesin hidup kecuali menggunakan kunci yang benar, atau perangkat lain yang telah diatur sejak awal. 

Dengan begitu, teknologi ini bisa mencegah kendaraan dicuri. Jika lebih canggih, immobilizer bahkan tak hanya membuat mesin tetap mati, tapi juga mengirimkan data ke perusahaan keamanan bahwa kendaraan sedang dibuka paksa. 

Nah, dengan adanya fitur-fitur kunci canggih ini semoga saja bisa menekan angka pencurian. Dan meski begitu biar lebih aman jangan lupa beri kunci pengaman tambahan pada sepeda motor.

Tags