Senin, 06 Juni 2016 17:17 WITA

Alarm Mitsubishi Outlander Mudah Diretas

Editor: Suriawati
Alarm Mitsubishi Outlander Mudah Diretas

RAKYATKU.COM - Penelitian terbaru menemukan bahwa alarm mobil hybrid Mitsubishi Outlander dapat dimatikan melalui bug keamanan di wi-fi onboard kendaraan ini sendiri.

Ini berarti, pencuri yang mengeksploitasi bug tersebut bisa mengulur waktu untuk masuk dan mencuri kendaraan. Kerentanan juga dapat digunakan untuk bermain-main dengan beberapa pengaturan mobil dan menguras baterai.

Saat ini, Mitsubishi menyarankan agar pengguna mematikan wi-fi sementara mereka menyelidiki masalah tersebut.

Baca juga: Bulan Ramadan, Toyota Siapkan Promo Service Jelang Mudik

Kerentanan ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli keamanan, Ken Munro. Ia mengatakan pada BBC bahwa bug itu itu ditemukan tanpa sengaja ketika ia sedang menunggu untuk menjemput anak-anaknya dari sekolah.

Saat itu, ia melihat sebuah access point wi-fi yang tidak biasa, yang muncul di daftar di smartphone-nya. Ia kemudian menyadari, bahwa itu berasal dari Mitsubishi Outlander terdekat, milik seorang temannya, dan mulai mengacak acak.

Loading...

"Saya mendapat bermain dengan itu dan segera menyadari itu rentan jadi saya berhenti," katanya kepada BBC.

Setelah kejadian hari itu, Munro kemudian membeli Outlander dan mulai menyelidiki bagaimana pemilik mobil berkomunikasi dengan kendaraan mereka melalui aplikasi.

Pada dasarnya, beberpa pembuat mobil lain menggunakan layanan berbasis web yang mendukung aplikasi mobil, sehingga pemilik dapat mengunci atau mengendalikan kendaraan mereka dari jarak jauh. Biasanya, perintah dikirim ke mobil melewati server tertentu sebelum dikirim ke mobil melalui jaringan seluler.

Sebaliknya, Mitsubishi telah memutuskan untuk hanya membiarkan aplikasi berbicara dengan mobil melalui wi-fi onboard. Sayangnya, kata Munro, ada kekurangan serius dengan pengaturan wi-fi itu.

Tags
Loading...
Loading...