Jumat, 19 Januari 2018 20:37 WITA

Kenali Masalah Mesin Kendaraan dari Warna Asap

Editor: Aswad Syam
Kenali Masalah Mesin Kendaraan dari Warna Asap

RAKYATKU.COM - Mesin kendaraan yang sehat, asapnya biasanya tidak berwarna. Jika asap dari knalpot berwarna, itu berarti ada masalah.

Dengan mengenali warna asap dari knalpot, kita mengetahui kerusakan yang terjadi pada kendaraan kita. 

Asap Berwarna Putih
Warna asap putih ada dua macam. Pertama asap putih tipis, dan kedua asap putih tebal. 

Jika yang keluar dari knalpot adalah asap putih tipis, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, proses pembakaran dan aliran pembuangan knalpot masih cukup bersih. 

Namun, jika Anda melihat asap putih tebal, berarti ada masalah dalam sistem pembakaran di kendaraan Anda. Penyebabnya, karena ada oli yang masuk ke ruang pembakaran kendaraan Anda. 

Anda sebaiknya segera membawa kendaraan ke bengkel resmi. Sebab, oli itu bisa keluar lantaran ada kebocoran pada seal klep atau ring piston.

Asap Berwarna Kebiruan
Jika Anda melihat asap berwarna biru keluar dari knalpot, hal itu menandakan ada sedikit oli yang terbakar dalam mesin. 

Diduga, ada kerusakan pada head gasket antara silinder head dengan blok mesin atau biasa disebut blown gasket. Penyebab lainnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Selain itu, jika kendaraan Anda dilengkapi dengan turbo, asap warna biru itu bisa menjadi tanda bahwa blower dari turbo mobil Anda harus diganti.

Asap Berwarna Abu-abu
Jika warna asap yang keluar dari knalpot berwarna abu-abu, diduga katup PCV kendaraan Anda macet. 
Asap warna ini bisa menandakan katup Positive Crankcase Ventilation (PCV) macet. Fungsi katup PCV itu adalah untuk mengontrol jumlah uap dan gas yang masuk dari ruang mesin ke intake manifold. 

Asap Berwarna Hitam
Nah, jika asap kendaraan berwarna hitam, biasanya disebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna. Hal itu membuat adanya sisa pembakaran keluar melalui knalpot. 

Hal pertama yang harus Anda periksa adalah melihat kebocoran kompresi, nyala api busi yang kecil, karburator bermasalah, atau filter udara kotor.

Anda harus segera membawa kendaraannya ke bengkel agar kerusakan tersebut segera diatasi. Sebab, kondisi seperti ini akan sangat berpengaruh pada konsumsi BBM yang bisa lebih boros. 

Meski demikian, apapun warna asap yang keluar dari mobil, segeralah membawanya ke bengkel. Jangan biarkan kejadian ini berlangsung lama. Karena jika terus dibiarkan, akan lebih merusak kendaraan Anda.