Selasa, 23 Januari 2018 21:47 WITA

Inilah Fungsi Penggerak Roda Belakang Grand New Avanza

Editor: Fathul Khair Akmal
Inilah Fungsi Penggerak Roda Belakang Grand New Avanza
Grand New Avanza

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sistem penggerak roda mobil pada umumnya terdapat 3 jenis. Yaitu mobil penggerak roda belakang (RWD), mobil berpenggerak roda depan (FWD) dan mobil penggerak semua roda atau lebih dikenal dengan nama 4WD. Salah satu produk Toyota dengan sistem penggerak roda belakang yang dapat menjadi pilihan pelanggan, adalah Grand New Avanza dan Grand New Veloz. 

Pemilihan mobil dengan sistem penggerak roda belakang atau depan ditentukan oleh banyak faktor. Seperti cara pelanggan mengemudi, kondisi medan yang sering dilalui, jumlah penumpang yang sering ada dalam mobil, dan harapan terbesar pelanggan dari sebuah mobil. 

Jika pelanggan menginginkan kendaraan yang mampu berakselerasi jauh dan tangguh di segala medan, ditambah dengan interior kabin yang lua dan harapan akan umur kendaraan yang lebih lama, maka dapat memilih berkendara Grand New Avanza yang memiliki sistem penggerak roda belakang (RWD). 

“Toyota Avanza dengan sistem penggerak roda belakang bekerja dengan mentransfer tenaga mesin ke roda belakang untuk 'mendorong' mobil. Bukan 'menarik' mobil seperti pada sistem kerja penggerak roda depan. Dibanding tarikan, karakteristik dorongan memudahkan kemampuan Avanza saat membawa beban lebih banyak, bahkan di jalan menanjak sekalipun,” Ungkap Marketing Manager Kalla Toyota Aswan Amiruddin.

Avanza dengan sistem RWD dirancang lebih tangguh. Khususnya untuk melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang. Power steering pada Avanza pun akhirnya menjadi lebih enteng karena roda depan hanya mengarahkan ke arah kiri atau kanan saja, sehingga memudahkan manuver untuk menghindar.

Selain itu, radius putar mobil RWD juga lebih fleksibel dikarenakan arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft di depan. Dengan begitu mobil lebih mudah menaklukan tikungan tajam atau melakukan sudut parkir yang sulit tanpa banyak gerakan maju mundur.

Keunggulan mobil penggerak roda belakang seperti Avanza dan Veloz juga terdapat pada keseimbangan mobil yang lebih baik. Terutama keseimbangan mobil saat pelanggan berakselerasi dan pada saat mobil di kemudikan pada kecepatan tinggi. Selain itu, sistem RWD membuat Avanza menjadi tidak bising dan lebih awet. 

Ketangguhan Toyota Avanza mendapatkan apresiasi dari pelanggan. Bersama Toyota Yaris, mobil favorit keluarga Indonesia ini sukses meraih penghargaan dalam ajang Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) akhir 2017 lalu. Toyota Avanza dinilai berhasil menempatkan posisinya sebagai brand otomotif yang mampu memenuhi dan menjaga kepuasan pelangganya untuk kategori mobil MPV . 

"Di wilayah Kalla Toyota sendiri, Grand New Avanza bersama Grand New Veloz menjadi market leader di segmen MPV Low sepanjang tahun 2017 dengan market share sebesar 48.62 persen dengan penjualan sebesar 5.038 unit," tutup Aswan.