Senin, 29 Januari 2018 02:00 WITA

5 Tips Modifikasi Mobil untuk Pemula

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
5 Tips Modifikasi Mobil untuk Pemula

RAKYATKU.COM - Memodifikasi kendaraan roda empat kerap dilakukan sejumlah kalangan guna mempercantik, sekaligus membuat kendaraan tampil berbeda dengan milik orang lain.

Modifikasi kendaraan tentunya memerlukan perencanaan yang matang agar penampilan mobil sesuai dengan konsep yang diinginkan. Selain itu, perencanaan biaya juga diperlukan agar modifikasi tidak terhenti di tengah jalan karena dana yang tidak mencukupi.

Pendiri Asosiasi modifikator dan aftermarket Indonesia (National Modificator & Aftermarket Association/NMAA), Andre Mulyadi, berbagi kiat modifikasi kepada para pemula. Tips modifikasi ini berlaku untuk semua jenis mobil pemula, mulai dari LCGC, city car atau mobil penumpang (Low MPV).

1. Tentukan tema

Penentuan tema sangat penting guna memastikan arah modifikasi dan biaya yang perlu disiapkan. Ada banyak tema dalam modifikasi mulai dari tampilan klasik, sport, unik, hingga ekstrim.

Ada juga modifikasi yang tidak terlalu banyak mengubah tampilan eksterior, namun mengubah sound sistem kendaraan atau menambah daya pacu mesin.

"Yang paling awal, modifikasi harus tentukan temanya dahulu. Arahnya mau modifikasinya mau ke mana?" kata Andre.

Para pemula yang kesulitan menentukan tema modifikasi bisa menyaksikan model mobil hasil modifikasi melalui beragam media sosial atau menyambangi pameran otomotif.

2. Tentukan fungsi

Setelah menentukan tema, para modifikator harus memastikan kembali fungsi dari mobil tersebut. Apakah untuk kontes modifikasi, digunakan tapi tidak setiap hari, atau untuk bekerja harian.

Mobil yang dimodifikasi dengan konsep sport untuk keperluan sehari-hari tentunya masih mempertahankan fungsi utama mesin dan keamanan. Hal itu berbeda dengan mobil yang modifikasi untuk keperluan balap sport atau kontes.

"Kalau sudah tahu temanya, ditentukan lagi kegunaan mobilnya. Apakah untuk kontes, atau dipakai sesekali, dipakai setiap hari, atau modifikasi untuk sport," katanya dilansir laman Antara, Senin (29/1/2018).

3. Perkiraan biaya

Setelah tema dan fungsi, hal selanjutnya adalah merancang perkiraan biaya yang diperlukan untuk kebutuhan membeli sukucadang, aksesoris, hingga ongkos bongkar-pasang.

Perencanaan biaya sangat diperlukan untuk mengurangi pembelian parts yang tidak sesuai dengan tema modifikasi yang diusung. 

"Jangan terbalik, beli partsnya tapi belum direncanakan. Belum tahu tujuannya mau diapakan mobilnya," katanya.

4. Bergabung komunitas

Andre menyarankan agar pemodifikator pemula bergabung dengan komunitas mobil yang sesuai guna mencari info terkait parts dengan harga murah. Selain itu, pengalaman modifikasi dari anggota komunitas akan membantu para pemula.

"Tentunya akan lebih membantu apabila bergabung dengan komunitas sehingga info part yang sesuai dan terjangkau. Ada info tentang bengkel yang siap menangani mobil sesuai keinginan Anda," katanya.

5. Proses modifikasi

Setelah semua persiapan rampung, pemilik kendaraan akan masuk pada proses modifikasi. Waktu yang diperlukan untuk fase ini beragam, tergantung dari tema yang diangkat.

Modifikator pun harus bersabar agar menghasilkan sebuah kreasi yang memuaskan, berupa mobil dengan tampilan cantik namun fungsi-fungsi kendaraan tetap bekerja dan layak dikendarai.

"Modifikasinya berbeda-beda, tapi jika sudah tahu konsepnya, fungsinya, kesiapan dana dan parts, maka semuanya akan lebih mudah," kata Andre.