Sabtu, 03 Februari 2018 19:59 WITA

Bersihkan Plafon Mobil dengan Cara Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bersihkan Plafon Mobil dengan Cara Ini

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plafon mobil menjadi bagian yang sering diabaikan kebersihannya. Padahal bagian ini juga bisa membuat mobil terlihat tidak terawat bila kotor. 

Bagian ini kerap terlewat untuk dibersihkan yang seolah kalah penting dibandingkan dengan jok, door trim, atau dashboard. 

Estetika interior mobil tidak hanya tentang jok atau dashboard yang terlihat bersih. Plafon juga menjadi bagian penting agar interior mobil terlihat baik. 

Plafon Toyota All New Kijang Innova yang disematkan dengan fitur Premium Illumination LED untuk memberikan nuansa premium dalam berkendara, akan benar tampil mewah jika bersih dari berbagai kotoran. 

Debu dan asap knalpot menjadi penyumbang kotoran terbesar di plafon, terutama bagi pengendara yang suka membuka jendela yang akan semakin memperburuk resiko plafon mobil terpapar asap dan debu. 

Kotoran apapun akan mudah terlihat karena kebanyakan plafon mobil Toyota memiliki warna cream muda yang kontras. 

"Selain debu dan kotoran, kebiasaan merokok di mobil juga berkontribusi terhadap kondisi plafon. Tidak hanya kotoran, tak jarang aroma tak sedap bisa bersarang di plafon mobil pelanggan,” Ungkap Marketing Manager Kalla Toyota, Aswan Amiruddin, Sabtu (3/2/2018).

Idealnya perawatan plafon dilakukan minimal 6 bulan sekali. Agar kotoran hilang dan kualitas udara dalam kabin tetap terjaga. Beberapa bahan dan peralatan yang harus disiapkan untuk membersihkan plafon juga bersifat umum sehingga mudah untuk didapatkan seperti sikat lembut, kain chamois, tisu, kain lap katun kering, dan cairan pembersih plafon yang bisa dibeli di 
pasaran. 

Berikut langkah-langkah membersihkan plafon : 
1. Periksa seluruh bagian plafon dan konsentrasi pada kotoran yang melekat. 
2. Semprotkan cairan pembersih plafon secara menyebar di permukaan kain plafon. 
3. Sikat permukaan perlahan-lahan hingga konsentrasi kotoran terpecah. Saat menyikat, upayakan jangan ditekan terlalu kuat karena bisa merusak tekstur kain plafon. 
4. Gunakan kain chamois lembab untuk mengangkat sebagian kotoran. Usap, angkat dan keringkan. 
5. Usap dengan tisu untuk sisa kotoran yang tertinggal dan tepuk-tepuk perlahan dengan tisu di permukaan plafon. 
6. Tisu juga bisa digunakan untuk membersihkan sela-sela permukaan plafon. Biasanya kotoran yang baru melakat akan lebih mudah hilang dengan tisu.

Tags