Senin, 19 Februari 2018 11:02 WITA

Xpander Bikin Mitsubishi Pede Geber Jualan di 2018

Editor: Nur Hidayat Said
Xpander Bikin Mitsubishi Pede Geber Jualan di 2018
Proses produksi Mitsubishi Xpander di pabrik Mitsubishi Cikarang, Jawa Barat. (FOTO: DOK MITSUBISHI)

RAKYATKU.COM, JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berhasil meningkatkan pangsa pasar di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan pada 2017. 

Keberhasilan MMKSI meningkatkan pangsa pasar di kedua segmen tersebut menjadi bukti komitmen Mitsubishi Motors dalam menggarap pasar kendaraan penumpang di Indonesia. Terlebih dengan diluncurkannya model strategis Mitsubishi Xpander dalam kompetisi ceruk terbesar pasar otomotif Indonesia yakni small-MPV. 

Kondisi pertumbuhan penjualan kendaraan 2018 yang diprediksi akan tumbuh tipis sekitar 3 persen ke angka 1,1 juta unit tidak menyurutkan usaha dan target MMKSI. Bahkan itu menjadikan MMKASI makin bersemangat dan optimistis dalam menyambut pasar otomotif tahun ini dalam menjalankan rencana dan aktifitas bisnis.

Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo 2017, kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi mencatat angka penjualan 79.669 unit (Januari-Desember 2017). Terdiri atas penjualan kendaraan penumpang 36.025 unit (Pajero Sport, Xpander, Outlander Sport, Delica dan Mirage). 

"Angka penjualan itu terjadi peningkatan 48 persen dari tahun sebelumnya. Itu atas penjualan Pajero Sport dan kontribusi Xpander yang sukses diterima pasar Indonesia," demikian bunyi pernyataan resmi Mitsubishi dalam siaran persn yang diterima Rakyatku.com, Senin (19/2/2018).

Capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors 43.644 unit (Triton, Colt L300 dan Colt T120SS) naik 2 persen dibandingkan dengan capaian 2016. Antara lain didukung oleh capaian penjualan Triton yang membaik dari oleh sektor pertambangan dan realisasi proyek di awal 2017.

Lini Produk Baru

Bukti konsistensi MMKSI dalam menggarap pasar kendaraan penumpang serta memebuhi kebutuhan konsumen di Indonesia dibuktikan dengan peluncuran produk-produk terbaru strategis sepanjang 2017 lalu. 

Awal 2017 dibuka dengan peluncuran varian baru Pajero Sport yang mendapatkan penyempurnaan serta telah diproduksi secara lokal di pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia. Saat ini tercatat hampir semua varian Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia juga diproduksi di Indonesia (Dakar 4x2 AT, Dakar 4x2 Ultimate AT, Dakar 4x4 AT, Exceed 4x2 AT dan GLX 4x4 MT). 

Selain Pajero Sport, MMKSI juga memperkenalkan  penyegaran untuk Outlander Sport dengan varian Action yang memfokuskan pengembangan dari sisi tampilan dan kenyamanan konsumen.

Mitsubishi merealisasikan komitmen jangka panjangnya untuk pasar Indonesia dengan meluncurkan model strategis, Xpander, untuk berkompetisi meningkatkan volume penjualan dalam ceruk pasar terbesar yakni small-MPV. Xpander diperkenalkan dalam debut global di GIIAS 2017 dengan tagline "Next Generation MPV", yang sekaligus menandakan bahwa model strategis ini diproduksi dan diperkenalkan untuk pertama kalinya di pasar Indonesia. 

Selain memfokuskan usaha meraih capaian terbaik di pasar Indonesia, selanjutnya Xpander juga direncanakan untuk diekspor ke negara di wilayah Asia Tenggara juga beberapa pasar berkembang lainnya. Xpander meraih sambutan dan antusiasme yang sangat baik dari masyarakat Indonesia dibuktikan dengan pencapaian pemesanan lebih dari 50.000 unit semenjak diluncurkan hingga Januari 2018.