Senin, 26 Februari 2018 13:53 WITA

BBNKB Turun Bikin Daihatsu Semangat Genjot Jualan

Penulis: Nurhikmah
Editor: Nur Hidayat Said
BBNKB Turun Bikin Daihatsu Semangat Genjot Jualan
Kepala Cabang  PT Astra Internasional-Daihatsu Sales Operation (DSO) Cabang Urip Sumiharjo ,Dodik Priambodo.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Sulawesi Selatan ditetapkan 10 persen. Angka itu turun dari sebelumnya mencapai 12,5 persen.

Aturan ini diterbitkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan. Rencana awal, kebijakan tersebut hanya diperuntukkan selama Desember 2017. Namun, kebijakan itu berlanjut pada 2018 ini.

Kasubid Penerimaan Asli Daerah (PAD) 1, Andi Awaluddin, bertutur kebijakan ini berdasarkan temuan dari Bapenda yang mengungkapkan tingginya minat masyarakat untuk membeli kendaraan bermotor dari luar Makassar, khususnya Jakarta. 

Turunnya BBNKB menjadikan diler kendaraan di Sulsel semringah. Diler PT Astra Internatioanal Daihatsu di Makassar misalnya. 

Kepala Cabang  PT Astra Internasional-Daihatsu Sales Operation (DSO) Cabang Urip Sumiharjo , Dodik Priambodo, mengatakan aturan ini sangat berpengaruh positif terhadap penjualan.

"Tanpa adanya penurunan BBNKB oleh Pemprov Sulsel market Daihatsu di Sulsel meningkat terus dari tahun ke tahun. Dengan adanya penurunan BBNKB kami akan lebih optimis lagi menyambut tahun 2018 ini," kata Dodik, Senin (26/2/2018).

Di internal Daihatsu setiap diler dibebankan ada peningkatan penjualan setiap diler. Dodik berujar, dukungan pemerintah melalui aturan ini pihaknya berharap dapat melampaui target yang diberikan kantor pusat.

"Kalau target dari manajemen kami tetap di angka 10-15 persen. Mudah- mudahan realisasinya bisa melebihi dari angka yang diharapkan," ucapnya.

Untuk target market share, Dodik berharap dapat menaikkan angka menjadi 28 persen atau naik 2 persen di bandingkan 2017 lalu.