Senin, 13 Juni 2016 21:48 WITA

Hebat! Petani di Sidrap Ini Bikin Mobil Hemat Energi

Penulis: Narwadi
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Hebat! Petani di Sidrap Ini Bikin Mobil Hemat Energi
Kendaraan roda empat pengangkut hasil tani milik Amir, warga Desa Desa Lagading, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Pinrang. (Narwadi)

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Amir buka sembarang petani. Bukan hanya soal tanam menanam. Warga Desa Lagading, Kecamatan Pitu Riase ini juga mahir dalam urusan otomotif. Buktinya, Amir menciptakan sebuah alat transportasi. Ia merakit kendaraan roda empat yang berfungsi mengangkut hasil panen, dari desa ke kota.

Awalnya, Amir mengaku kesulitan membawa hasil panennya. Sulitnya akses seperti sarana jalan dari kota ke desanya, membuat tak ada angkutan umum yang beroperasi di wilayahnya. Belum lagi, kondisi Desa lagading yang berada di dataran tinggi. "Kami berada di dataran tinggi. Wilayahnya berbukit. Sangat menyusahkan masyarakat menjual hasil taninya," ujar Amir, Senin (13/6/2016).

Atas dasar itulah, Amir mencoba-coba merakit alat angkut tersebut. "Saya pakaikan empat roda yang digerakkan dengan mesin diesel. Kalau tidak merekayasa kendaraan, susah hasil produksi di Kecamatan Pitu Riase dikeluarkan dari kampung menuju pasar," ujarnya. 

Amir mengaku alat transportasi ciptaannya itu menelan biaya Rp10 juta. Jika dilihat, memang modelnya tak beraturan. Tak ada atap. Hanya rangka-rangka baja yang tampak kokoh. Di bagian belakang, ada bak yang digunakan untuk memuat barang bawaan. 

Loading...

Namun, banyak keunggulannya. "Irit bahan bakar. Sehari semalam hanya 2 liter solar. Kalau lajunya, 40 km perjam. Daya angkutnya satu sampai dua ton," paparnya. 

Keunggulan lainnya, kata Amir, roda empat miliknya ini tangguh di segala medan. Terutama di wilayah menanjak atau berlumpur. "bisa juga untuk membajak," pungkasnya.

Loading...
Loading...