Jumat, 09 Maret 2018 07:30 WITA

Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Setiap Hari?

Editor: Nur Hidayat Said
Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Setiap Hari?

RAKYATKU.COM - Saat tidak ingin bepergian, mobil tidak jarang akan didiamkan saja. Hal ini tentu menjadikan mobil jadi sering menganggur di garasi rumah. 

Lalu muncul pertanyaan yang sering membuat agak susah menjawabnya, yakni perlukah memanaskan mobil setiap hari saat mobil jarang dipakai atau diam saja di garasi selama berminggu-minggu?

Jawabannya perlu. Mesin mobil yang tidak dipanaskan mungkin saja tidak akan langsung rusak. Akan tetapi,  kemungkinan terbesarnya saat dipakai performa mesin mobil akan berkurang dan lama kelamaan akan rusak. 

Dilansir laman Momobil, memanaskan mesin mobil setiap hari untuk menghindari kotoran yang mengendap di mesin. Ketika dipanaskan, kotoran mesin tidak akan mengendap atau mengeras. 

Tidak hanya itu, jamur dan karat juga bisa tumbuh saat mesin mobil terus dingin, terlebih lagi mobil berada di garasi dengan cuaca dingin. Kalau mesin mobil tidak panas tentu jamur akan lebih cepat berkembang biak dari biasanya.

Alasan selanjutnya mengapa perlu memanaskan mobil setiap hari adalah bertujuan untuk menjaga kondisi oli jadi lebih baik serta juga kondisi aki mobil. 

Apa hubungannya aki dan mesin mobil? Aki akan mengalirkan aliran listrik saat mesin mobil menyala sehingga hal ini juga jadi salah satu faktor mengapa pentingnya memanaskan mesin mobil setiap hari. 

Waktu memanaskan mobil saar mobil didiamkan dalam berminggu-minggu harus cukup lama. Jika sudah memasuki waktu berbulan-bulan, maka tidak hanya memanaskan mobil saja yang harus Anda lakukan, tetapi juga harus membawanya jalan sejauh 500 meter. 

Itu untuk membuat semua elemen mobil bisa bergerak dan menghindari karat pada mesin dan juga ban mobil.