Selasa, 13 Maret 2018 08:30 WITA

Kenali! Ini Ciri Pelumas Kedaluwarsa

Editor: Aswad Syam
Kenali! Ini Ciri Pelumas Kedaluwarsa
Kenali ciri pelumas kedaluwarsa.

RAKYATKU.COM - Pelumas kendaraan sudah pasti menjadi produk utama yang dibutuhkan oleh pengendara. Produk ini hadir dalam berbagai merek dan spesifikasi. Namun, ada sebuah pertanyaan yang cukup menarik untuk disimak. Apakah pelumas memiliki masa kedaluwarsa?

Dilansir dari otoasia, Totok Subagyo selaku Brand Manager Minyak Mesin Kecil PT Pertamina Pelumas, pelumas sebenarnya tak memiliki masa kedaluwarsa selama penyimpanan dilakukan dengan benar. Soalnya, ada beberapa faktor yang bisa merusak pelumas itu sendiri jika disimpan kurang baik.

"Musuh pelumas itu ada tiga, oksigen, udara dan debu atau kotoran," ucap Totok.

Oksigen sendiri akan mengulangi kondisi pelumas, dimana oksidasi akan mengubah wujudnya menjadi lebih kental bahkan menimbukan sebuah endapan. Begitu pula dengan air, komponen ini akan membuat pelumas yang berwarna bening akan seketika berubah menjadi seperti susu.

"Kalau debu itu juga bahaya. Kalau bisa mengandungnya silika. Karena saat masuk ke mesin, meski ukurannya rata-rata sekali, tapi bisa menggesek penutup mesin," jelas Totok.

Ketiga kondisi tersebut pun bisa dijadikan patokan saat Anda membeli pelumas. Bila menemukan salah satu dari tiga kondisi di atas, sebaiknya Anda tidak memasukkannya ke dalam mesin, karena dapat merusak.